PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA BERORIENTASI KONFLIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

Mita Rosmiati, NPM. 198090016 (2022) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA BERORIENTASI KONFLIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Mita Rosmiati MPBI.docx

Download (65kB)

Abstract

Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Menulis Drama Berorientasi Konflik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI SMA N 3 Purwakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Pasundan Bandung, Pembimbing (I) Dr. Titin Nurhayatin, M.Pd., Pembimbing (II) Dr. H. Dadang Mulyana, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan dan ketidaktertarikan peserta didik menulis teks drama. Hal tersebut disebabkan peserta didik kurang memahami teknik-teknik dalam menulis teks drama. Selain itu peserta didik masih belum terlatih dalam mengembangkan berpikir kreatifnya dalam menulis teks drama. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penulis memilih model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks drama. Kemampuan berpikir kreatif peseerta didik di kelas XI SMA Negeri 3 Purwakarta. Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks drama dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Discovery Learning dan dampaknya terhadap kemampuan menulis teks drama dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Purwakarta dalam menulis teks drama berorientasi konflik terarah kategori baik. Selain itu, kemampuan berpikir kreatif juga lainnya kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan statistik, dapat diperoleh dalam model Discovery Learning berdampak terhadap kemampuan menulis teks drama dan kemampuan berpikir kreatif. Hal ini didukung dengan perhitungan statistik. Terdapat perbedaan signifikan terhadap menulis teks drama dan berpikir kreatif peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning dan kelas kontrol yang menggunakan model Inquiry Leraning. Penelitian ini menggunakan mix method dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpukan bahwa pembelajaran menulis teks drama berdampak terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Selain itu, dapat menjadi alternatif pemilihan medel pembelajaran di kelas. Terbukti dari hasil pretest menulis teks drama rata-rata peserta didik kelas eksperimen memperoleh 58, sementara perolehan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen memperoleh 83 yang menunjukkan kenaikan nilai. Begitu pula dengan nilai rata-rata pretest berpikir kreatif peserta didik yaitu 63, sementara nilai rata-rata posttest 81, juga menunjukkan kenaikan. Kata Kunci: Berpikir kreatif, Discovery Learning, konflik, pembelajaran menulis, teks drama.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Oct 2022 06:57
Last Modified: 18 Oct 2022 06:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59771

Actions (login required)

View Item View Item