Fahmi Ghifari, 182050184 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN USAHA KULINER CAFE NYUSU DOELOE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (358kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN USAHA KULINER CAFE NYUSU DOELOE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM” (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @nyusu.indonesia). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran usaha kuliner yang dilakukan oleh Cafe Nyusu Doeloe dalam memasarkan dan mengenalkan produk dan mereknya kepada konsumen melalui media sosial Instagram dilihat dari 4 bentuk bauran promosi yaitu Periklanan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat dan Publisitas, serta Acara dan Sponsor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan teori komunikasi pemasaran terpadu atau integrated marketing communication (IMC) dari Terence A. Shimp. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Informan pada penelitian ini melibatkan total 9 informan (pemilik, bagian pemasaran Cafe Nyusu Doeloe, dosen Ilmu Komunikasi Fisip Unpas, konsumen dan follower akun Instagram Cafe Nyusu Doeloe). Hasil penelitian yang didapatkan mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Cafe Nyusu Doeloe pada media sosial Instagramnya, 1) Cafe Nyusu Doeloe menggunakan berbagai macam strategi periklanan seperti memposting foto, video, menggunakan Ads, serta menggunakan endorsement kepada para influencer dan foodblogger menyesuaikan keadaan dan kebutuhan dari Instagramnya. 2) Strategi promosi penjualan yang digunakan melalui diskon, voucher, promo buy 1 get 1, serta giveaway. 3) Strategi humas yang dilakukan melalui respon yang cepat dan ramah diInstagram, selalu merespost postingan produk dari konsumen, melakukan kegiatan sosial secara rutin, selalu menampilkan review-review positif dari konsumen, serta untuk konten yang dipublisitaskan selalu melihat tren yang sedang ramai. 4) Untuk strategi acara dan sponsor yang dilakukan, banyak berkolaborasi dengan influencer, melakukan bazar makanan, melakukan acara nobar bola, serta melakukan kegiatan sosial secara rutin. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, IMC, Instagram, Cafe Nyusu Doeloe
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2022 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 18 Oct 2022 03:51 |
Last Modified: | 18 Oct 2022 03:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59763 |
Actions (login required)
View Item |