PENGARUH PENGENDALIAN MANAJEMEN KOMPETENSI INDIVIDU, DAN PERILAKU MANAJERIAL TERHADAP KOMITMEN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEGAWAI ( Survey Pada Pegawai Bank Perkreditan Rakyat Dibawah Naungan DPD Perbarindo Jawa Barat)

Gilang Setra Putra,, NPM : 159010035 (2022) PENGARUH PENGENDALIAN MANAJEMEN KOMPETENSI INDIVIDU, DAN PERILAKU MANAJERIAL TERHADAP KOMITMEN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEGAWAI ( Survey Pada Pegawai Bank Perkreditan Rakyat Dibawah Naungan DPD Perbarindo Jawa Barat). Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
JURNAL GILANG FINAL.docx

Download (110kB)

Abstract

Dinamika perkembangan organisasi apapun bentuknya dalam upaya pencapain kinerja saat ini, sesungguhnya tidak dapat terhindar dari pengaruh perubahan lingkungan, apalagi ketika persaingan di era Industrial 4.0. Salah satu komponen utama untuk mencapai tujuan tersebut adalah pegawai selaku SDM dalam institusi yang terus ditingkatkan melalui berbagai program di antaranya membangun komitmen pegawai agar dapat mencapai peningkatan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, mengkaji dan menganalisis guna mengetahui, adanya gambaran dan pengaruh pengendalian manajemen, komopetensi individu dan perilaku manajerial terhadap komitmen baik secara parsial maupun simultan. Begitu pula pengaruh komitmen sebagi variabel intervining terhadap kinerja pegawai di lingkungan pegawai Bank Perkreditan Rakyat di Bawah Naungan DPD Perbarindo Jawa Barat. Penelitian dilakukan dengan metode survey terhadap empat ratus dua puluh pegawai sebagai responden dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan pengujian dan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis Model Persamaan Strukturak (SEM) melalui program LISREL.Versi.8.80. Hasil peneltian menunjukkan bahwa kondisi semua varabel berada pada kategori baik. Juga menyimpulkan bahwa terbukti adanya pengaruh signifikan pengendalian manajemen terhadap komitmen 0,37, kompetensi individu terhadap komitmen 0,30, dan perilaku manajerial terhadap komitmen 0,33, sedangkan pengaruh secara simultan ketiga variabel tersebut R2= 0,68 atau 68%, hasil yang paling dominan signifikan berpengaruh terhadap komitmen adalah pengendalian manajemen. Variabel lain yang tidak diteliti tetapi berpengaruh terhadap komitmen sebesar 0,32 atau 32%. Sedangkan variabel intervening komitmen terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dengan total kontribusi skor R2 = 0.77 atau 77%, sehingga variabel lain yang berpengaruh tetapi tidak diteliti sebesar 0,23 atau 23%. Dengan demikian komitmen individu terbukti mampu memediasi penguatan pengaruh sebagai moderating variabel kinerja pegawai. Kata kunci: Pengendalian manajemen, kompetensi, perilaku manajerial, komitmen,dan kinerja pegawai.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Oct 2022 02:47
Last Modified: 15 Oct 2022 02:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59749

Actions (login required)

View Item View Item