KAJIAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PROPERTI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH (MBR) DI KABUPATEN SUMEDANG) STUDY OF MARKETING STRATEGIES IN EFFORTS TO INCREASE CONSUMER TRUST (CASE STUDY ON CONSUMER PROPERTY OF LOW INCOME COMMUNITIES (MBR) IN SUMEDANG REGENCY)

LEO SIMANULANG, NPM : 159010032 (2022) KAJIAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KEPERCAYAAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA KONSUMEN PROPERTI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH (MBR) DI KABUPATEN SUMEDANG) STUDY OF MARKETING STRATEGIES IN EFFORTS TO INCREASE CONSUMER TRUST (CASE STUDY ON CONSUMER PROPERTY OF LOW INCOME COMMUNITIES (MBR) IN SUMEDANG REGENCY). Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Leo Manullang.docx

Download (145kB)

Abstract

Perumahan dan pemukiman merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang menyangkut kelayakan dan taraf kesejahteraan hidup masyarakat terutama di daerah Kabupaten Sumedang. Berbagai tantangan harus dihadapi untuk merealisasikan target pembangunan perumahan, diantaranya tingkat keterjangkauan (affordability) MBR masih rendah, ketersediaan dana (availability) dimana pola/skema pembiayaan perumahan bagi MBR terbatas, akses MBR ke sumber pembiayaan perumahan (lembaga keuangan) terbatas, dan terakhir persoalan terbatasnya lahan murah bagi MBR khususnya di perumahan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Data dari DPD REI Kabupaten Sumedang, jumlah anggota developer yang tergabung ada 76 perusahaan. Dari jumlah data tersebut dapat diketahui betapa ketatnya persaingan bisnis properti di kawasan Kabupaten Sumedang. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi dalam properti MBR di Kabupaten Sumedang untuk meningkatkan kepercayaan dilakukan dengan mempertimbangkan faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Pendekatan teori manajemen organisasi dan teori manajemen pemasaran sangat relevan untuk dikembangkan dalam konteks analisa kepercayaan konsumen dan analisis SWOT perumahan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan studi kasus tunggal. Narasumber utama dalam penelitian ini adalah konsumen, developer, pakar, dan pihak pemerintah setempat. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini didapatkan strategi pemasaran pengembang Kabupaten Sumedang saat ini yaitu lebih mengacu pada strategi pemasaran Segmenting karena ditujukan untuk para penduduk sekitar dan para karyawan pabrik yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Sumedang. Positioning yang disarankan adalah Produk, karena yang dijual berupa perumahan maka produknya adalah rumah yang akan dijual kepada konsumen khususnya pada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Targeting yang disarankan tidak hanya untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kabupaten Sumedang target pemasaran bisa diperluas ke masyarakat daerah sekitar Kabupaten Bandung.Konsep promosi pemasaran produk perumahan dapat dikembangkan lagi dengan memanfaatkan teknologi jaringan internet dengan konsep e-commerce atau Business to Consumer (BtoC). Kedepannya perusahaan properti khususnya di Kabupaten Sumedang memahami faktor apa saja yang dapat menghambat tingkat kepercayaan konsumen MBR. Kata Kunci: Perumahan, MBR, Strategi, Kepercayaan, SWOT

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 12 Oct 2022 08:30
Last Modified: 12 Oct 2022 08:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59728

Actions (login required)

View Item View Item