PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS semester ganjil di SMAN 13 Garut, Tahun 2022/2023)

Alawiyah, Siti Sarah, 185020081 (2022) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS semester ganjil di SMAN 13 Garut, Tahun 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0. COVER DEPAN.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB II.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
9. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
10.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (i) Mengungkapkan perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Discovery Learning pada kelas eksperimen terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi.(ii) Mengungkapkan perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning pada kelas kontrol terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. (iii) Mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada kelas eksperimen dan model pembelajaran Problem Based Learning pada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan cara menyebarkan tes soal kepada responden. Sampel penelitian ini pada kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMAN 13 Garut sebanyak 70 peserta didik. Instrumen penilaian yang digunakan berupa tes soal. Berdasarkan hasil penelitian : (i) adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil N-Gain sebesar 71.3333 dengan peningkatan dalam menggunakan model pembelajaran discovery learning sebesar 22.00. (ii) adanya peningkatan terhadap hasil belajar pada kelas kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hal ini dilihat dari hasil N-Gain sebesar 50.5374 dengan peningkatan dalam penggunaan pembelajaran problem based learning sebesar 20.57. (iii) adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tabel tersebut memberikan penjelasan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada saat kelas eksperimen 22,00 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 20,57. Akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada : (i) bagi guru, dapat menggunakan model pembelajaran discovery learning dan problem based learning agar bisa meningkatkan hasil belajar yang lebih baik, (ii) bagi peserta didik ,dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, (iii) bagi sekolah, untuk lebih baik lagi dalam proses pembelajaran dikelas supaya peserta didik tidak merasa bosan, agar hasil belajar peserta didik meningkat, (iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk mengkaji lebih banyak sumber maupun referensi yang terkait dengan model pembelajaran discovery learning dan problem based learning terhadap hasil belajar agar hasil penelitiannya dapat lebih baik dan lebih lengkap lagi. Kata Kunci: discovery learning, problem based learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:39
Last Modified: 12 Oct 2022 04:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59723

Actions (login required)

View Item View Item