NURHANIEFA, 185040044 (2022) IMPLEMENTASI APLIKASI ETHNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
7. abstrak.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
8. abstract.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
9. abstrak sunda.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
11. bab I.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
12. bab II.pdf Download (573kB) | Preview |
|
Text
13. bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
||
Text
14. bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
Text
15. bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
|
Text
16. daftar pustaka.pdf Download (453kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kreatif siswa dengan penggunaan aplikasi ethno-edugames di kelas XI pada materi sistem reproduksi. metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan dengan menggunakan desain penelitian Non equivalent Control Group. Subjek penelitian adalah kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam penelitian dikumpulkan dengan tes pilihan ganda disusun dengan indikator berpikir kreatif dan ranah kognitif sebanyak 25 soal berupa tes pre-test dan post-test dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan aplikasi ethno-edugames. Hasil penelitian yang diperoleh pada nilai rata-rata pre-test post-test memperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai N-gain 0,80 daripada kelas kontrol dengan niali N-gain 0,67. Hasil Uji Mann Whitney memperoleh hasil Asymp. Sig. (2-tailed) maka 0,036 < 0,05 maka Ho ditolak yang menunjukkan terdapat perbedaan berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun hasil angket respon siswa terhadap aplikasi ethno-edugames menunjukkan respon positif terhadap penggunaan aplikasi ethno-edugames dengan memperoleh hasil dengan kategori sangat baik pada setiap indikator. Maka dapat disimpulkan jika penggunaan aplikasi dinilai efektif berpengaruh terhadap peningkatan berpikir kreatif siswa pada materi sistem reproduksi. Kata kunci : Aplikasi Ethno-Edugames, Berpikir Kreatif Siswa, Sistem Reproduksi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 08:22 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 08:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59676 |
Actions (login required)
View Item |