Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi serta Dampaknya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SDN Sagalaherang IV Tahun Pelajaran 2022/2023

Intan Nurhidayah, NPM : 188090017 (2022) Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Narasi serta Dampaknya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SDN Sagalaherang IV Tahun Pelajaran 2022/2023. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
JURNAL INTAN NURHIDAYAH.docx

Download (31kB)

Abstract

Membaca pemahaman dapat didefinisikan sebagai kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam memahami isi bacaan. Kemampuan membaca pemahaman harus dibina dan dikembangkan secara berkelanjutan di dalam pembelajaran. Untuk mengembangkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik salah satunya dengan cara mengimplementasikan model pembelajaran membaca. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan model CIRC dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan model CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran dengan tipe paralel kovergen. Adapun hasil penelitian ini antara lain. Kemampuan membaca pemahaman peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model CIRC lebih tinggi dari pada peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran lain. Hal tersebut terbukti dari perolehan uji N-Gain dengan perolehan nilai sebesar 0,135 lebih besar dari 0,05. Kemampuan berpikir kritis dalam membaca pemahaman yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model CIRC lebih tinggi dari pada peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran lain. Hal tersebut terbukti dari perolehan uji N-Gain dengan perolehan nilai sebesar 0,851 lebih besar dari 0,05. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran CIRC dapat dijadikan alternatif model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran membaca pemahaman teks narasi. Kata Kunci : Model Cooperative Integrated Reading and Composition, membaca pemahaman, berpikir kritis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:19
Last Modified: 03 Oct 2022 08:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59665

Actions (login required)

View Item View Item