MODEL IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN DANA DESA DI WILAYAH PESISIR KECAMATAN INDRAMAYU KABUPATEN INDRAMAYU

Ismanudin, NPM : 209020041 (2022) MODEL IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN DAN PEMANFAATAN DANA DESA DI WILAYAH PESISIR KECAMATAN INDRAMAYU KABUPATEN INDRAMAYU. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
ARTIKEL DISERTASI DIS Ismanudin.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji model implementasi kebijakan yang mengatur penyaluran dan penggunaan dana desa di wilayah Pesisir Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Lahirnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa memberikan angin segar bagi masyarakat desa, terutama karena peraturan tersebut dibarengi dengan kebijakan mengenai penyaluran dana desa kepada pemerintah desa dalam rangka meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa. Kebijakan tersebut berdasarkan pada asumsi logis bahwa bahwa pemerintah daerah atau pemerintah desa lebih menyadari potensi desa, termasuk semua masalah sosial ekonomi yang terkait dengan masyarakat desa yang bersangkutan. Dengan asumsi tersebut, pemerintah desa harus mampu mengembangkan desa dengan memanfaatkan potensi dan kewenangan yang diberikan kepadanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus dalam penelitian kualitatif. Modifikasi model sebagai temuan penelitian adalah proses penerapan kebijakan penggunaan dana desa yang integratif dan berkelanjutan, yang meliputi faktor-faktor berikut: (1) penentuan dana desa untuk setiap desa; (2) pembinaan dan sosialisasi kebijakan/program; (3) komunikasi program dan antar 1 pelaksana kegiatan; dan (4) perencanaan penggunaan dana desa untuk setiap desa; dan (5) penggunaan serta pertanggunjawaban dana desa. Kata kunci: Model Pelaksanaan, Kebijakan Dana Desa, Desa, Wilayah Pesisir, Isi Kebijakan, Lingkungan Kebijakan.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 01 Oct 2022 02:36
Last Modified: 01 Oct 2022 02:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59643

Actions (login required)

View Item View Item