KAMPANYE SOSIAL PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG OLEH ORANG TUA PADA SISWA SISWI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BOJONGLOA KALER KOTA BANDUNG. Ade Budiwangi Matahari: 186010061

Ade Budiwangi Matahari, Dr. H. Waska Warta, M.M. (2022) KAMPANYE SOSIAL PENINGKATAN KARAKTER GOTONG ROYONG OLEH ORANG TUA PADA SISWA SISWI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN BOJONGLOA KALER KOTA BANDUNG. Ade Budiwangi Matahari: 186010061. Skripsi(S1) thesis, Desain Komunikasi Visual.

[img] Text
LAPORAN TUGAS AKHIR Ade Budiwangi Matahari 186010061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Kurangnya aktivitas dan bentuk kegiatan gotong royong siswa siswi Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung pada masa pandemi Covid-19 berdampak pada munculnya sikap malas, acuh tak acuh dan menurunnya nilai-nilai kebersamaan, sosialisasi, dan kepedulian. Orang tua mempunyai peranan penting dalam menanamkan dan meningkatkan kembali kesadaran, nilai dan bentuk gotong royong siswa siswi Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung khususnya di lingkungan keluarga. Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara serta kuesioner kepada orang tua dan siswa siswi Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung. Berdasarkan hasil analisis penelitian diputuskan media untuk mengenalkan kepada orang tua (target komunikasi) mengenai pentingnya penanaman nilai-nilai dan bentuk gotong royong di lingkungan keluarga yaitu dengan video edukasi yang didistribusikan melalui media sosial (Youtube, Twitter, Facebook, Instagram, Whatsapp dan Tiktok) serta media pendukung yaitu poster dan spanduk. Melalui media ini dapat dikenalkan juga pada orang tua tentang pentingnya pendidikan karakter gotong royong oleh orang tua di lingkungan keluarga. Di samping itu, tidak hanya memberi edukasi serta pemahaman, video edukasi ini juga sebagai media untuk meningkatkan kembali hubungan emosional orang tua dengan anak. Video edukasi ini dirancang menggunakan bahasa yang sederhana, mudah dipahami dan menceritakan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa orang tua mempunyai peran penting dalam menanamkan nilai dan bentuk gotong royong pada anak di lingkungan keluarga. Bentuk penanaman nilai dan bentuk gotong royong di lingkungan keluarga yaitu dengan membagi tugas rumah, membantu mencuci piring, menyapu dan aktivitas lainnya yang bernilai gotong royong. Kata Kunci: Video Edukasi, Sekolah Dasar, Kampanye Sosial, Gotong Royong, Keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Desain Komunikasi Visual 2022
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:58
Last Modified: 29 Sep 2022 03:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59623

Actions (login required)

View Item View Item