HUBUNGAN ALOKASI ANGGARAN PENDIDIKAN DENGAN KUALITAS PENDIDIKAN PADA INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) INDONESIA TAHUN 2015-2020

NURRIZKI, ANIK, 185020034 (2022) HUBUNGAN ALOKASI ANGGARAN PENDIDIKAN DENGAN KUALITAS PENDIDIKAN PADA INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) INDONESIA TAHUN 2015-2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
0. COVER DEPAN.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. SCAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. RINGKESAN BAHASA SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (i) apakah terdapat hubungan alokasi anggaran pendidikan dan kualitas pendidikan yang diukur dari rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah secara statistik (ii) seberapa besar tingkat hubungan alokasi anggaran pendidikan dengan kualitas pendidikan dilihat dari rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah. Jenis penelitian ini kuantitatif dan pengumpulan data penelitian menggunakan data-data statistik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif simetris. Data yang diambil dilihat dari data persentase anggaran pendidikan, angka rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah di setiap provinsi dari tahun 2015-2020. Analisis data yang digunakan yaitu model estimasi regresi data panel Fixxed Effect Model dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan bantuan aplikasi olah data Eviews 12. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (i) hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara anggaran pendidikan dengan kualitas pendidikan menunjukkan nilai r (korelasi pearson) sebesar 1 yang dan nilai signifikansi 0,000 yang artinya terdapat hubungan yang positif antara kedua variabel (ii) nilai pearson correlation anggaran pendidikan dengan rata-rata lama sekolah sebesar 0,449 menunjukkan tingkat hubungan yang sedang dan nilai pearson correlation anggaran pendidikan dengan harapan lama sekolah sebesar 0,346 menunjukkan tingkat korelasi rendah. Saran dari penulis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (i) bagi pemerintah pusat untuk lebih memperhatikan masalah ketimpangan akses pendidikan dengan memberikan layanan pendidikan yang merata di setiap daerah, program pendidikan yang konsisten dan peningkatan fasilitas pendidikan terutama peningkatan akses internet di beberapa daerah tertinggal (ii) bagi pemerintah daerah untuk lebih menyerap dan mengelola anggaran pendidikan dengan tepat dan konsisten(iii) bagi pendidik dapat ikut mendukung dan berkonstribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia (iv) bagi peneliti selanjutnya dapat lebih menyempurnakan penelitian ini dengan menambahkan faktor lain yang dapat mendukung kualitas pendidikan Indonesia. Kata kunci : alokasi anggaran pendidikan, kualitas pendidikan, rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 Sep 2022 09:23
Last Modified: 27 Sep 2022 09:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59579

Actions (login required)

View Item View Item