PENGGUNAAN INSTAGRAM PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERORIENTASI MAJAS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG

Maudya Mulya Utami, NPM : 198090029 (2022) PENGGUNAAN INSTAGRAM PADA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERORIENTASI MAJAS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA PASUNDAN 8 BANDUNG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Maudya Mulya Utami.docx

Download (51kB)

Abstract

Menulis merupakan salah satu kemampuan seseorang dalam menyampaikan gagasan ke dalam sebuah wacana. Keterampilan menulis harus dibina dan dikembangkan secara berkelanjutan khususnya dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu upaya pembinaan dan pengembangan menulis peserta didik adalah dengan cara menulis puisi. Adapun hasil dari penelitian ini antara lain: penggunaan model pembelajaran kontekstual dan media instagram dalam pembelajaran menulis puisi berorientasi majas berjalan efektif; kemampuan menulis puisi peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kontekstual lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ceramah. Hal tersebut terbukti dari perolehan nilai rata-rata posttest dan hasil uji independent t-test. Hasil rata-rata posttest di kelas eksperimen sebesar 86,1 sedangkan nilai rata-rata posttest di kelas kontrol sebesar 76,4. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari nilai rata-rata pretest di kelas eksperimen sebesar 48,70 dan nilai rata-rata pretest di kelas kontrol sebesar 29,79; penggunaan model pembelajaran kontekstual dan media instagram memberikan pengaruh signifikan terhadap kualitas berpikir kreatif dalam pembelajaran menulis puisi berorientasi majas. Hal ini terbukti dari hasil uji regresi yang menunjukkan penggunaan model pembelajaran kontesktual dan media instagram berpengaruh sebesar 12% dengan nilai signifikansi sebesar 0,677 < 0,05. Dengan demikian, model pembelajaran kontekstual dan media instagram dapat dijadikan alternatif model dan media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir keatif peserta didik pada pembelajaran menulis puisi berorientasi majas. Kata Kunci: Model Kontekstual,Media Instagram, Menulis Puisi, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2022 04:14
Last Modified: 22 Nov 2022 06:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59571

Actions (login required)

View Item View Item