KUSUMA, FEBY ANISA, 185040106 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FLIPPED LEARNING PADA MATERI SISTEM HORMON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan .pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Indonesia.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Inggris.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (530kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
|
Text
19. Daftar Pustaka.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan problem solving merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki peserta didik, namum pembelajaran biologi di sekolah belum mengarahkan pada kemampuan problem solving. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang menguasai kemampuan problem solving karena guru belum menerapkan pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemampuan problem solving peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan flipped learning pada materi sistem hormon. Metode yang digunakan adalah “Pre-Eksperimental” dengan desain “one group pretest-posttest”. Melibatkan 30 peserta didik XI MIPA E SMA Lanud Husein Sastranegara Bandung. Instrumen yang digunakan adalah test kemampuan problem solving. Hasil penelitian menunjukkan nilai pretest 61,83, posttest 76,33, dan N-gain 0,49 dengan kategori sedang. Secara keseluruhan persentase indikator kemampuan problem solving 76,9 kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran flipped learning berkontribusi sangat baik mengasah peserta didik dalam memahami permasalahan yang diberikan pada materi sistem hormon untuk kemudian menemukan solusi. Pembelajaran dengan flipped learning signifikan pada taraf signifikasi α 0,05 mampu meningkatkan rata-rata kemampuan problem solving dengan kriteria baik pada indikator memahami masalah, merencanakan solusi/rencana, dan melaksanakan rencana. Kriteria sangat baik pada indikator menilai kembali hasil yang diperoleh. Secara keseluruhan flipped learning efektif meningkatkan kemampuan problem solving pada materi sistem hormon. Peserta didik juga memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran flipped learning. Kata Kunci: Flipped learning, kemampuan problem solving, dan sistem hormon
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 03:57 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 03:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59556 |
Actions (login required)
View Item |