PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERFOKUS BAHASA KIASAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMK PARIWISATA PUSDAI SUMEDANG

SIFA RINI HANDAYANI, NPM : 188090027 (2022) PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERFOKUS BAHASA KIASAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS X SMK PARIWISATA PUSDAI SUMEDANG. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Sifa Handayani.doc

Download (505kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil kemampuan peserta didik dalam menulis puisi berfokus bahasa kiasan dengan menggunakan media kartu kata dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode mixed method (metode campuran) dengan pendekatan tipe Embedded Desain (penyisip). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Pariwisata Pusdai Sumedang. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa lembar observasi dan lembar soal pretest, posttest, dan LKPD. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) banyak kesulitan yang menjadi alasan orang enggan menulis, khususnya menulis puisi. Salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan media kartu kata. Media kartu kata bergambar sangat cocok diterapkan sebagai media dalam pembelajaran membaca permulaan dikarenakan di dalam kartu kata bergambar selain anak dapat menangkap bunyi lafal dari suatu kata, ia juga akan mengingat gambar yang tertera pada kartu; (2) kemampuan menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa personifikasi dengan menggunakan media kartu kata lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yang menggunakan media kartu kata, yaitu 79,015 lebih besar dibandingkan kelas yang menggunakan metode konvensional, yaitu 73,055; (3) kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa personifikasi dengan menggunakan media kartu kata lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas yang menggunakan media kartu kata, yaitu 77,25 lebih besar dibandingkan kelas yang menggunakan metode konvensional, yaitu 71,25; dan (4) penggunaan media kartu kata dalam pembelajaran menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa personifikasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hal tersebut dapat dibuktikan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Selain itu juga, diketahui nilai ᵗhitung sebesar 4.098 > ᵗtabel sebesar 2,060. Selanjutnya, diketahui besarnya nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,270. Dari output tersebut diperoleh determinasi (R square) sebesar 0,073 yang artinya bahwa pengaruh penggunaan media kartu kata dalam pembelajaran menulis puisi berorientasi pada gaya bahasa personifikasi terhadap kemampuan berpikir kreatif adalah sebesar 7,3 %.. Kata Kunci: Media Kartu Kata, Menulis Puisi, Bahasa Kiasan, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:47
Last Modified: 23 Sep 2022 02:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59553

Actions (login required)

View Item View Item