ANALISIS BAHAN AJAR CETAK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN BIBLIOMETRIX TOOLS (APLIKASI METODE SLNA)

Purwati, Kokoh (2022) ANALISIS BAHAN AJAR CETAK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN BIBLIOMETRIX TOOLS (APLIKASI METODE SLNA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya guru untuk membantu siswa melakukan kegiatan belajar. Pada kegiatan belajar saat ini, pendidik banyak mengalami beberapa kendala dalam pembelajaran. Salah satu kendala dalam pembelajaran yaitu kemampuan komunikasi siswa dan aktivitas belajar. Dengan demikian, pembelajaran adalah suatu hubungan timbal balik antara guru dengan siswa yang bernilai pengajaran dan pendidikan untuk memperoleh pengetahuan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. bahan ajar untuk pendidik yaitu mengubah peran pendidik dari seorang pengajar menjadi seorang fasilitator, meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan interaktif, sebagai pedoman bagi pendidik yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran dan merupakan substansi kompetensi yang semestinya diajarkan kepada peserta didik, dan sebagai alat evaluasi pencapaian atau penguasaan hasil pembelajaran. Banyak penelitian tentang tema ini telah dilakukan sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian dan perkembangan potensial pada topik ini. Penelitian ini dilakukan dengan analisis bibliometrik. Peneliti menggunakan kata kunci bahan ajar cetak dalam database Scopus dengan rentang waktu tiga tahun yaitu 2019 hingga 2021. Data tersebut divisualisasikan menggunakan bantuan beberapa aplikasi yaitu Bibliometrix, Tableu dan VOS Viewers. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren penelitian topik bahan ajar cetak adalah tema yang berkaitan dengan teknologi, teknik, dan terkait dengan guru dan siswa. Selain itu didapatkan juga beberapa istilah yang digabungkan dengan Machine Learning, 3D printing dan Biomaterial. Kata Kunci : Bahan Ajar Cetak, Pembelajaran, Biologi Dan Bibliometrix

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:01
Last Modified: 22 Sep 2022 04:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59542

Actions (login required)

View Item View Item