EFEKTIFITAS APLIKASI ETHNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS XII PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN DI MAN 1 CIANJUR

ADTIALI, FAHRUNNISA, 185040037 (2022) EFEKTIFITAS APLIKASI ETHNO-EDUGAMES UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS XII PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN DI MAN 1 CIANJUR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER FAHRUNNISA ADTIALI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. lembar pengesahan fahrunnisa.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab I.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. Bab II.pdf

Download (972kB) | Preview
[img] Text
12. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
13. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
14. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (9kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penguasaan konsep ialah bagaimana seorang siswa dapat meningkatkan kemahiran intelektualnya dan membantu dalam memecahkan persoalan yang dihadapinya serta menimbulkan pembelajaran bermakna. Peneliti menggunakan aplikasi ethnoedugames sebagai metode pembelajaran yang bertujuan agar membandingkan peningkatan penguasaan konsep antara kelas ekperimen dan kelas kontrol. Subjek yang di pilih peneliti adalah kelas XII IPA 3 dan kelas XII IPA 4 di salah satu Madrasah Aliyah Kabupaten Cianjur. Sedangkan untuk Desain penelitian yang di gunakan peneliti ada dua yaitu yang pertama kuantitatif dengan metode onequivalent Control Grup Design with Pre-Test and Post-Test. sebanyak 20 butir soal dan kualitatif berupa angket yang berguna untuk mengumpulakan hasil data respon siswa. Angket ini sendiri ada dua yaitu angket terhadap penguasaan konsep dan angket respon siswa terhadap penggunaan aplikasi ethno-edugames. Dari hasil perhitungan N-Gain kelas eksperimen memperoleh N-Gain persentase berupa kategori tinggi sebesar 30,55%, kategori sedang sebesar 50%, dan kategori rendah sebesar 19,45% sedangkan kelas kontrol memperoleh N-Gain berupa kategori Tinggi sebesar 19,44%, kategori sedang sebesar 47,22%, kategori rendah sebesar 33,34%. Pada analisis angket respon siswa terhadap aplikasi ini terdapat 3 indikator yaitu sebesar 77,40%, 77.70%, dan 78,00%. Sedangkan pada angket respon siswa terhadap penguasaan konsep ini terdapat 6 indikator yang di bagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen sebesar 80%, 80%, 78,70%, 78%, 75%, 78%. Dan kelas kontrol sebesar 76%, 68,50%, 69,40%, 73%, 71,50%, 70%. Dapat disimpulkan respon siswa pada kelas eksperimen lebih meminati pembelajaran aplikasi ethnoedugames dan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi Pertumbuhan dan Pertumbuhan. Kata kunci : Aplikasi Ethno-edugames, Pertumbuhan dan Perkembangan, Penguasaan Konsep

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:45
Last Modified: 19 Sep 2022 03:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59302

Actions (login required)

View Item View Item