NADHRATI, DAARINA NOOR EL, 185050012 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 7E. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
2. Pengesahan.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat dibutuhkan oleh siswa karena dapat membantu menyelesaikan persoalan atau masalah dalam matematika. Namun kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ternyata masih kurang dan berada dalam tahap rendah. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat dipengaruhi dari sikap Self-efficacy. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan dalam melatih kemampuan pemecahan masalah matematis tersebut adalah model Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa melalui model Learning Cycle 7E. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan memakai jenis penelitian quasi eksperiment. Adapun desain penelitiannya yaitu menggunakan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 4 Cianjur kelas VIII Tahun Ajaran 2021/2022. Sedangkan sampel yang diambil yaitu siswa kelas VIII G dan VIII H, yang masing-masing kelas terdiri dari 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes tipe uraian dan non tes berupa angket skala sikap yang menggunakan model Skala Likert. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan uji statistik parametris yang dibantu dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 23. Adapun kesimpulan yang diperoleh yaitu: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional; 2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-efficacy siswa yang memperoleh model Learning Cycle 7E. Oleh karena itu medel Learning Cycle 7E dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran guna untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif, dan menyenangkan. Kata Kunci: Model Learning Cycle 7E, Pemecahan Masalah Matematis, Selfefficacy
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Sep 2022 03:22 |
Last Modified: | 17 Sep 2022 03:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/59291 |
Actions (login required)
View Item |