EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TANAM BERBASIS AGEN BIOTEKNOLOGI TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN HIAS PEPEROMIA WATERMELON (Peperomia argyreia (Miq.) É. Morren)

ROHMAH, DWI JULIANI, 185040070 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TANAM BERBASIS AGEN BIOTEKNOLOGI TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN HIAS PEPEROMIA WATERMELON (Peperomia argyreia (Miq.) É. Morren). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (431kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Media tanam merupakan sumber fitonutrien tanaman yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas media tanam berbasis agen bioteknologi terhadap pertumbuhan tanaman hias Peperomia argyreia. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode quasi eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini menggunakan RAK (Rancangan Acak Kelompok) karena kondisi perlakuan percobaan yang digunakan tidak seluruhnya menggunakan subjek yang sama. Media tanam yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tanah, media tanam pukcapedia, sekam bakar, cocopeat, sekam mentah, dan andam. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji Duncan pada pertumbuhan jumlah daun menunjukan hasil signifikasi 0,715=signifikan, tinggi batang 0,443=signifikan, dan panjang akar 0,162=signifikan dengan interpretasi media tanam yang digunakan tidak berpengaruh nyata pada pertumbuhan tanaman hias Peperomia Watermelon. Hasil tersebut mengindikasikan efektivitas penggunaan media tanam banyak mengandung unsur hara kalium, kalsium, dan fosfor, selain itu proses fermentasi media tanam dilengkapi oleh agen bioteknologi yaitu Bakteri Rhizobium, Mikoriza arbuskular, Bakteri Latctobacillus, dan Fitohormon yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Pertumbuhan peperomia watermelon paling optimal terdapat pada perlakuan T3 (Pukcepedia dan cocopeat). Faktor klimatik dengan pertumbuhan tanaman hias menunjukan adanya keterkaitan dengan nilai kolerasi 0,885>0,05, dan nilai signifikasi 0,000<0,05=signifikan dengan interpretasi adanya hubungan faktor klimatik dengan pertumbuhan tanaman hias Peperomia Watermelon. Kata Kunci: Medi tanam; Organik; Peperomia Watermelon; Agen Bioteknologi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Sep 2022 08:47
Last Modified: 15 Sep 2022 08:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58984

Actions (login required)

View Item View Item