EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TANAM BERBASIS AGEN BIOTEKNOLOGI TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN HIAS MIANA (Coleus atropurpureus (L) Benth)

Azzahra, Nabila Luthfiah, 185040100 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA TANAM BERBASIS AGEN BIOTEKNOLOGI TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN HIAS MIANA (Coleus atropurpureus (L) Benth). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI (1).pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pemakaian media tanam anorganik dalam jumlah berlebihan dapat merusak kualitas tanah. Solusi yang dapat digunakan yaitu penggunaan media tanam yang diperkaya dengan ekstrak organik dan nutrisi dengan teknik bioteknologi guna memperbaiki tingkat kesuburan tanah agar tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pertumbuhan tanaman. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dari pengaplikasian media tanam berbasis agen bioteknologi terhadap pertumbuhan tanaman hias Miana (Coleus atropurpureus (L) Benth). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen semu dengan desain penelitian Rancangan Acak Kelompok (RAK). Parameter utama yang diukur meliputi jumlah daun, tinggi batang, dan panjang akar dan juga parameter penunjang meliputi Data penunjang yang diukur pada penelitian ini terdiri dari suhu lingkungan, intensitas cahaya, kelembapan udara, kelembapan tanah dan pH tanah. Populasi dalam penelitian ini yaitu tanaman hias dengan spesies (Coleus atropurpureus (L) Benth) yang ada di daerah Cinunuk, Kabupaten Bandung, sehingga diperoleh sampel berjumlah 24 buah yang terdiri dari enam perlakuan dan empat pengulangan. Setelah data terhimpun selama dua bulan proses pengamatan, lalu di analisis dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji Anova. Berdasarkan hasil penelitian media tanam berbasis agen bioteknologi berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman hias Miana (Coleus atropurpureus (L) Benth Perlakuan yang paling efektif terdapat pada perlakuan T3 (Media tanam berbasis agen bioteknologi: Cocopeat = 1:1). Urutan optimalisasi perlakuan sebagai berikut: (1) jumlah daun T3, T5, T4, T2, T1, dan K; (2) panjang batang T3, T5, T2, T4, T1, dan K; (3) panjang akar T3, T5, T2, T4, T1 dan K. Setelah melakukan uji korelasi terdapat hubungan yang signifikan antara pertumbuhan tanaman hias Miana (Coleus atropurpureus (L) Benth dengan faktor klimatik lingkungan yaitu suhu, intensitas cahaya, kelembaban udara, kelembaban tanah dan pH tanah. Terutama intensitas cahaya dan kelembaban tanah, karena tanaman hias Miana (Coleus atropurpureus (L) Benth) membutuhkan cahaya matahari secara langsung dan membutuhkan air yang cukup banyak sehingga perlu penyiraman yang rutin. Kata Kunci: Media Tanam, Miana (Coleus atropurpureus (L) Benth), Pertumbuhan Tanaman

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:58
Last Modified: 15 Sep 2022 07:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58980

Actions (login required)

View Item View Item