FORMULASI STRATEGI PEMASARAN BERBASIS KOMUNITAS DALAM UPAYA MENCIPTAKAN PERTUMBUHAN USAHA YANG BERKELANJUTAN (STUDI KASUS PADA RINTISAN USAHA INDUSTRI KREATIF SEKTOR MUSLIM FASHION DI KOTA BANDUNG)

Irena Larashati, NPM : 159010018 (2022) FORMULASI STRATEGI PEMASARAN BERBASIS KOMUNITAS DALAM UPAYA MENCIPTAKAN PERTUMBUHAN USAHA YANG BERKELANJUTAN (STUDI KASUS PADA RINTISAN USAHA INDUSTRI KREATIF SEKTOR MUSLIM FASHION DI KOTA BANDUNG). Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel_Irena Larashati.docx

Download (239kB)

Abstract

Irena Larashati, Formulasi Strategi Pemasaran Berbasis Komunitas dalam Upaya Menciptakan Pertumbuhan Usaha yang Berkelanjutan (Studi Kasus pada Rintisan Usaha Industri Kreatif Sektor Muslim Fashion di Kota Bandung). Di bawah bimbingan Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU. Sebagai Promotor, dan Dr. H. Juanim, SE., M.Si. sebagai Co-Promotor. Penelitian ini dilakukan untuk memformulasikan strategi pemasaran bagi usaha di bidang muslim fashion di kota Bandung dengan memanfaatkan komunitas sebagai basis strategi. Upaya ini dilakukan melihat dibutuhkannya strategi yang efektif dan unggul untuk meningkatkan kemampuan usaha muslim fashion untuk dapat bertumbuh. Sementara selama ini banyak usaha yang sulit untuk bertumbuh dari tahap rintisan ke tahapan-tahapan selanjutnya. Kondisi ini membuat industri kurang memiliki pemain yang kuat untuk dapat memiliki keunggulan bersaing di skala global. Strategi pemasaran mencakup dua kegiatan utama yaitu menentukkan konsumen target dan membentuk proposisi nilai. Namun dalam kondisi pasar yang terdisrupsi saat ini strategi pemasaran perlu mengadopsi komponen kekuatan yang dapat mendorong efektivitasnya. Pada situasi industri kreatif khususnya muslim fashion di kota Bandung, komunitas menjadi komponen pasar dominan yang bisa mendorong efektivitas strategi yang digunakan. Dengan demikian usaha muslim fashion bisa memiliki strategi yang lebih komprehensif, efektif dan efisien untuk dapat mencapai tujuan usahanya dan bertumbuh secara berkelanjutan untuk dapat menjadi usaha yang kuat dan berdaya saing global. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan single case study. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, studi dokumentasi, observasi dan FGD. Untuk menganalisis data yang sudah dilakukan, penelitian ini menggunakan metode coding dan kategorisasi dan strategic factors analysis summary untuk memformulasikan strategi pemasaran berbasis komunitas bagi rintisan usaha muslim fashion. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunitas dapat menjadi basis dalam pembentukkan strategi pemasaran bagi rintisan usaha muslim fashion di kota Bandung. Strategi ini dijelaskan dalam empat tahapan utama yaitu : communitizing, confirming, differentiation dan clarifying yang kemudian membentuk bauran pemasaran berbasis komunitas yaitu : consumer, cost, convenience, communication, chain of customer dan connectivity. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk menganalisis terkait faktor-faktor baik pada tahapan strategi pemasaran berbasis komunitas maupun bauran pemasaran yang ditemukan dalam penilitian ini. Sehingga dapat memberikan gambaran lebih spesifik terkait implementasi strategi pemasaran berbasis komunitas terutama pada usaha muslim fashion di kota Bandung. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Komunitas, Pertumbuhan Usaha.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:30
Last Modified: 15 Sep 2022 07:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58976

Actions (login required)

View Item View Item