EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JENIS PUPUK CAIR BERBASIS BIOTEKNOLOGI DAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN HIAS MIANA (Coleus scutellarioides. L)

NATAMIHARDJA, SHARAH JASMIN, 185040025 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JENIS PUPUK CAIR BERBASIS BIOTEKNOLOGI DAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN HIAS MIANA (Coleus scutellarioides. L). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI(4).pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN(4).pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK(4).pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I(4).pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II(4).pdf

Download (808kB) | Preview
[img] Text
BAB III(4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
BAB IV(5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)
[img] Text
BAB V(4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA(3).pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/

Abstract

iana atau dikenal juga sebagai tumbuhan iler dengan ilmiah Coleus scutellaroides termasuk dalam tanaman herba atau perdu. Dalam memperhatikan perawatan tanaman hias yang dibudidayakan terutama dari segi pemberian nutrisi karena pemberian nutrisi akan mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas tanaman hias yang dibudidayakannya. Penelitian ini bertujuan untuk enguji efektivitas pupuk cair berbasis bioteknologi dan organik pada pertumbuhan tanaman hias miana, sehingga diperoleh hasil perbanyakan tanaman hias miana dengan pertumbuhan yang maksimal. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan desain Rancangan Acak Kelompok (RAK). Parameter yang diamati di antaranya panjang akar, tinggi batang, dan jumlah daun. Berdasarkan hasil penelitian pertumbuhan panjang akar tanaman yang paling panjang yaitu pada perlakuan P1 memiliki ukuran panjang akar yaitu 67 cm sedangkan panjang akar paling pendek dari hasil pengamatan yaitu terjadi pada perlakuan P1 yang memiliki panjang akar yaitu 30 cm. Pertumbuhan tinggi batang tanaman paling tinggi terdapat pada perlakuan P1 yang memiliki ukuran tinggi batang yaitu 88 cm sedangkan tinggi batang paling pendek dari hasil pengamatan yaitu terjadi pada perlakuan P3 yang memiliki panjang daun yaitu 71,5 cm. Pertumbuhan jumlah daun tanaman yang paling banyak yaitu pada perlakuan P3 yang memiliki jumlah daun yaitu 53 buah sedangkan jumlah daun tanaman yang memiliki jumlah daun paling sedikit pada perlakuan P2 yang memiliki panjang daun yaitu 42 buah. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan jenis pupuk cair berbasis bioteknologi dan organik berpengaruh terhadap panjang akar, tinggi batang, dan jumlah daun terhadap tanaman hias miana. Kata Kunci: Tanaman hias miana, Efektivitas, Pupuk cair berbasis bioteknologi dan organik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:49
Last Modified: 15 Sep 2022 06:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58970

Actions (login required)

View Item View Item