PENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN ZOOM PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA

ALFAENI, DENIES, 185040019 (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN ZOOM PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan kolaborasi siswa merupakan kecakapan dalam bekerja sama dan menyelesaikan masalah yang dilakukan oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama. Kemampuan kolaborasi siswa merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa pada pembelajaran era society. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan kolaborasi melalui model project based learning menggunakan zoom pada materi ekosistem. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan pre-experimental design bentuk One-shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 7 SMAN 1 Baleendah yang dicuplik secara purposive. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan kolaborasi siswa berbentuk non tes yang terdiri dari lembar observasi awal dan lembar observasi akhir. Analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum diberikan pembelajaran melalui model project based learning menggunakan zoom (Pra-PjBL) rata-rata skor siswa 2.4 (level 1), sedangkan skor rata-rata setelah pembelajaran (Post-PjBL) yaitu 3.3 (level 3), (peningkantan rata-rata 0.9). Uji T didapatkan hasil sig (2-tailed) yaitu sebesar 0.00 < 0.05, sehingga hipotesis h0 ditolak sedangkan ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan kolaborasi siswa melalui pembelajaran model project based learning menggunakan zoom pad

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:57
Last Modified: 15 Sep 2022 03:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58953

Actions (login required)

View Item View Item