EFEKTIVITAS JENIS PUPUK CAIR BERBASIS BIOTEKNOLOGI DAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN HIAS BEGONIA LILIN (Begonia semperflorens)

MAULANA, AGREE TIAS, 185040055 (2022) EFEKTIVITAS JENIS PUPUK CAIR BERBASIS BIOTEKNOLOGI DAN ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN HIAS BEGONIA LILIN (Begonia semperflorens). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB 1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB 2.pdf

Download (943kB) | Preview
[img] Text
11.BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (898kB)
[img] Text
12.BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
13.BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img]
Preview
Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Masalah pada penelitian ini yaitu pemberian nutrisi oleh pemilik atau pembudidaya untuk tanaman hias Begonia lilin (Begonia semperflorens) tidak dilakukan secara kompleks untuk merawat dan mengembangbiakan tanaman hias Begonia lilin (Begonia semperflorens) sehingga mengurangi nilai fungsional tanaman hias Begonia lilin (Begonia semperflorens) dan kurangnya pengolahan sampah organik pertanian maupun sampah organik rumah tangga yang sebenarnya masih memiliki potensi untuk dimanfaatkan kembali. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji efektivitas jenis pupuk cair berbasis bioteknologi dan organik terhadap pertumbuhan tanaman hias Begonia lilin (Begonia semperflorens) sehingga mendapatkan informasi mengenai perlakuan dari formulasi manakah yang paling efektif dan diperoleh pertumbuhan tanaman hias Begonia lilin (Begonia semperflorens) yang maksimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan dengan desain rancangan acak kelompok yang terdiri atas lima perlakuan dan lima ulangan dengan total sebanyak dua puluh lima sampel. Perlakuan yang diberikan yaitu K1 (kontrol), P1 (pupuk cair jenis A, jenis B, jenis C), P2 (pupuk cair jenis A), P3 (pupuk cair jenis B), P4 (pupuk jenis C). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, analisis varian, uji Duncan dan uji korelatif. Hasil uji analisis varian menyatakan bahwa pada setiap parameter yang meliputi panjang akar, tinggi batang dan jumlah daun mendapatkan hasil yang sama yaitu 0,000 yang berarti Sig (p value) < 0.05 maka hipotesis alternatif diterima sehingga membuktikan bahwa terdapat pengaruh nyata pemberian jenis pupuk cair berbasis bioteknologi dan organik terhadap pertumbuhan tanaman hias Begonia lilin (Begonia semperflorens). Hasil uji Duncan membuktikan bahwa perlakuan yang paling efektif dalam mempengaruhi pertumbuhan tanaman hias Begonia lilin (Begonia semperflorens) yaitu P1 yang merupakan formulasi gabungan dari pupuk cair jenis A, jenis B dan jenis C. Kata Kunci : Pupuk Cair, Bioteknologi, Organik, Begonia Lilin

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:27
Last Modified: 15 Sep 2022 02:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58942

Actions (login required)

View Item View Item