PENGARUH PRICE, PROMOTION, DAN PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUASAN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP

YUSTIA ANNISAA THAHAROH, NPM : (2022) PENGARUH PRICE, PROMOTION, DAN PHYSICAL EVIDENCE TERHADAP KEPUASAN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
COVER YUSTIA.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I YUSTIA.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II YUSTIA.pdf

Download (945kB) | Preview
[img] Text
BAB III YUSTIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA YUSTIA.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Pada 3 tahun terakhir RS Bina Sehat mengalami penurunan kunjungan pasien umum rawat inap. Dari hasil observasi dan wawancara kepada beberapa pasien, penulis menemukan adanya keluhan pasien sebesar 65% mengenai bangunan fisik (Physical Evidence) dan sebagian mengenai tidak adanya promosi dari rumah sakit, terdapat pasien mengeluhkan bangunan fisik rumah sakit dirasa kurang memadai, harga pelayanan yang dirasa mahal, dan pelayanan yang diberikan dirasa kurang. Oleh karena itu diperlukan pengukuran tingkat kepuasan dan loyalitas pasien untuk mengetahui pelanggan puas atau tidak terhadap pelayanan yang didapat. Dalam analisis data terdapat Uji t dilakukan untuk mengetahui signifikansi pengaruh variabel bebas secara individual terhadap variabel terikat, mengetahui apakah masing-masing variabel bebas secara signifikan terdapat hubungan dengan variabel terikat dengan melakukan hipotesis. Uji F bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh variabel Price, Promotion dan Physical Evidence secara bersama-sama terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Inap RS Bina Sehat signifikan atau tidak. Pengumpulan data penelitian kuantitatif merupakan upaya penulis untuk mengumpulkan data bersifat angka, atau bisa juga data bukan angka, namun bisa dikuantifikasikan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa price memberikan pengaruh langsung kepada Loyalitas Pasien sebesar 28,3%. Pada variabel Promotion memberikan pengaruh langsung kepada Loyalitas Pasien sebesar 20,5%. Sedangkan variabel Physical Evidence memberikan pengaruh langsung kepada Loyalitas Pasien sebesar 30,7%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat efek langsung Price, Promotion, Physical Evidence terhadap loyalitas pasien. Maka dengan demikian apabila Price, Promotion dan Physical Evidence yang baik akan memberikan efek pada Loyalitas Pasien Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Bina Sehat yang semakin tinggi. Secara parsial maupun simultan terdapat pengaruh yang disignifikan antara Price, Promotion dan Physical Evidence terhadap Kepuasan Pasien, dengan koefisien jalur bernilai positif yang menunjukkan bahwa semakin baik penetapan harga, semakin tinggi tingkat promosi dan semakin baik Physical Evidence. Kata kunci : Price, Promotion, Physical Evidence, Kepuasan, Loyalitas, Pasien

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:40
Last Modified: 14 Sep 2022 03:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58918

Actions (login required)

View Item View Item