PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI DAN IMPLIKASINYA PADA KEPUASAN MASYARAKAT DI KOTA BANDUNG

SUPARDI, NPM : 159020030 (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI DAN IMPLIKASINYA PADA KEPUASAN MASYARAKAT DI KOTA BANDUNG. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Supardi DIS.doc

Download (96kB)

Abstract

Permasalahan pokok yang di teliti dalam penelitian ini adalah implementasi kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Tingkat Sekolah Nenengah Peertama Negeri dan implikasinya pada kepuasan masyarakat di Kota Bandung Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory survey dengan pendekatan kuantitatif. Pemilihan metode ini didasarkan pada explanatory survey suatu metode tidak hanya menjelaskan atau menggambarkan fakta empiris yang ditemui dilapangan tetapi juga akan menjelaskan analisis dampak baik parsial maupun simultan antara variabel yang menjadi fokus penelitian. Secara simultan implementasi kebijakan Penerimaaan Peserta Didik Baru tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri memberikan pengaruh cukup besar dan signifikan terhadap efektivitas organisasi dan implikasinya pada kepuasan masyarakat di Kota Bandung sebesar 72,6% Hal ini mengandung makna bahwa implementasi kebijakan Penerimaaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMPN di Kota Bandung yang selama ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung cukup berjalan secara efektif. Namun secara umum implementasi kebijakan Penerimaaan Peserta Didik Baru ini masih terdapat kelemahan sehingga PPDB tingkat SMPN di Kota Bandung dapat mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat. Hal ini tentunya pemenuhan rasa keadilan dan pemerataan kesempatan mendapatkan pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri Bagi Masyarakat Kota Bandung belum dirasakan secara merata Disamping itu kepuasan masyarakat ternyata tidak hanya dipengaruhi oleh implementasi kebijakan semata akan tetapi ada variabel lain yang ikut mempengaruhinya sebesar 27,4%. Secara parsial implementasi kebijakan tentang Penerimaaan Peserta Didik Baru tingkat Sekoilah Menengah Pertama Negeri melalui Content of Policy dan Context of Implementation memberikan pengaruh cukup signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Kota Bandung sebesar 27,5%. Faktor content of policy dalam implementasi kebijakan PPDB memberikan pengaruh paling besar terhadap kepuasan masyarakat artinya faktor tersebut paling dominan dalm mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat. Sedangkan context of implementation memberikan pengaruh kecil terhadap kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pendidikan tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri Bagi Masyarakat di Kota Bandung sebesar 1,5% yang artinya faktor tersebut kurang dominan dalam mempengaruhi tingkat kepuasan pada masyarakat. Kata Kunci : Implementasi Kebijakan

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 12 Sep 2022 05:08
Last Modified: 12 Sep 2022 05:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58908

Actions (login required)

View Item View Item