STRATEGY FOR THE IMPLEMENTATION OF SPECIAL EMPLOYMENT EXCHANGE POLICIES FOR JOB PLACEMENT AT THE OFFICE OF MANPOWER AND TRANSMIGRATION OF SERANG REGENCY

RINI MUTIARA NINGSIH, NPM : 189020011 (2022) STRATEGY FOR THE IMPLEMENTATION OF SPECIAL EMPLOYMENT EXCHANGE POLICIES FOR JOB PLACEMENT AT THE OFFICE OF MANPOWER AND TRANSMIGRATION OF SERANG REGENCY. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Rini Mutiara Ningsih.docx

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tingginya angka pengangguran di Indonesia, khususnya tingkat pengangguran terdidik (TPT) di kalangan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mulai sekarang dikenal sebagai SMK di Kabupaten Serang. Hal ini disebabkan rendahnya daya serap lulusan SMK oleh industri dan dunia kerja, sedangkan pendidikan vokasi bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja yang siap pakai oleh industri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kebijakan Pertukaran Kerja Khusus yang mulai sekarang dikenal dengan istilah BKK dalam penempatan kerja di SMK, untuk mengetahui aspek apa saja yang berperan dalam implementasi kebijakan BKK penempatan kerja. di SMK dan merumuskan strategi implementasi kebijakan BKK di bidang penempatan. Bekerja di SMK yang ideal dan efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan mixed-method dengan strategi embeded konkuren. Sedangkan untuk merumuskan strategi kebijakan, peneliti menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Analisis masalah akan dikaji dengan menggunakan teori implementasi kebijakan yang dikemukakan oleh Van Meter & Van Horn (1975). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan BKK penempatan kerja SMK pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Serang belum efektif. Ketidakefektifan implementasi kebijakan tersebut disebabkan oleh permasalahan pada aspek Standar dan tujuan kebijakan; Sumber daya; Komunikasi antar organisasi dan kegiatan penguatan, Karakteristik pelaksana, Sikap pelaksana, dan lingkungan ekonomi, sosial, dan politik yang belum ditangani secara optimal. Strategi yang ideal untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah strategi Diversifikasi yaitu dengan memaksimalkan potensi kekuatan untuk mengatasi atau meminimalkan ancaman dalam kebijakan penempatan kerja oleh BKK SMK di Kabupaten Serang. Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Pasar Kerja, Penempatan Kerja.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 10 Sep 2022 06:18
Last Modified: 10 Sep 2022 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58902

Actions (login required)

View Item View Item