PENGARUH TINGKAT LITERASI DIGITAL DAN LITERASI MEDIA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP BUDAYA MEMBACA SISWA (Survei pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Katapang Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022)

ASIYAH, ANNISA NUR, 185020088 (2022) PENGARUH TINGKAT LITERASI DIGITAL DAN LITERASI MEDIA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP BUDAYA MEMBACA SISWA (Survei pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Katapang Semester Genap Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi literasi digital di SMAN 1 Katapang, (2) Deskripsi literasi media di SMAN 1 Katapang, (3) Deskripsi budaya membaca siswa di SMAN 1 Katapang, (4) Besarnya pengaruh literasi digital terhadap budaya membaca siswa di SMAN 1 Katapang, (5) Besarnya pengaruh literasi media terhadap budaya membaca siswa di SMAN 1 Katapang, (6) Besarnya pengaruh program literasi digital dan literasi media mata pelajaran ekonomi terhadap budaya membaca siswa di SMAN 1 Katapang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan teknik analisis data regresi linear berganda dengan bantuan program aplikasi SPSS 23.0. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) literasi digital di SMAN 1 Katapang berkriteria baik, (2) literasi media peserta didik SMAN 1 Katapang termasuk dalam kriteria baik, (3) budaya membaca siswa di SMAN 1 Katapang termasuk dalam kriteria baik, (4) literasi digital berpengaruh terhadap budaya membaca siswa dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 5,288 > 1,987, maka disimpulkan Hα1 diterima, (5) literasi media berpengaruh terhadap budaya membaca siswa dengan perolehan signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 13,008 > 1,987, maka disimpulkan Hα2 diterima, (6) literasi digital dan literasi media berpengaruh secara simultan terhadap budaya membaca siswa dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 91,190 > 3.10 , maka disimpulkan Hα3 diterima. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait: (1) bagi sekolah, disarankan untuk lebih melibatkan digital dan media dalam pembelajaran, menambah mading dan papan karya siswa untuk menumbuhkan jiwa kreatif dan budaya membaca yang baik. 2) bagi guru, diharapkan guru dapat berperan aktif dalam menggiatkan budaya membaca ini melalui literasi media. 3) bagi siswa, diharapkan lebih giat lagi untuk membaca dan mencari informasi dengan memanfaatkan digital. 4) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkannya dengan elemen literasi digital lainnya, seperti information literacy, learning skills, berpikir kreatif, kritis, inovatif dan kolaborasi. Kata kunci : literasi digital, literasi media, budaya membaca siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 09 Sep 2022 06:28
Last Modified: 09 Sep 2022 06:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58889

Actions (login required)

View Item View Item