UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM PADA MATA PELAJARAN PPKN UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK (Penelitian Survei di SMAN 27 Bandung)

Zalfa Qonitah, Nurjaman (2022) UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM PADA MATA PELAJARAN PPKN UNTUK MENCEGAH PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK (Penelitian Survei di SMAN 27 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kesadaran hukum peserta didik pada mata pelajaran PPKn dapat mencegah perilaku bullying. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel indepenennya adalah upaya meningkatkan kesadaran hukum pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dan variabel dependennya adalah untuk mencegah perilaku bullying pada peserta didik. Dalam menentukan sampel penelitian ini, peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas XI IPS 1, 2, dan 3 di SMAN 27 Bandung. Pengumpulan data ini menggunakan teknik kuesioner dengan skala likert dan wawancara dengan jenis tidak terstruktur. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis asumsi klasik uji normalitas dan uji heteroskedastisitas. Untuk mengetahui variabel tersebut berpengaruh peneliti menggunakan uji regresi linear sederhana serta menggunakan uji statistic inferensial (uji t). untuk mengetahui tingkatan presentase dari pengaruh variabel tersebut peneliti menggunakan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara peningkatan kesadaran hukum pada peserta didik dengan pencegahan perilaku bullying. Hasil penelitian uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung = 31,460 > 2,9200 = t tabel, Maka dari itu variabel upaya peningkatan kesadaran hukum pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) berpengaruh pada variabel mencegah perilaku bullying. Maka dapat disimpulkan bahwasannya 58% peserta didik setuju jika mata pelajaran PPKn berupaya meningkatkan kesadaran hukum pada peserta didik melalui materi yang di sampaikan oleh guru dan juga penerapan tata tertib selama proses pembelajarannya. Kata Kunci : Bullying, Kesadaran Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 30 Aug 2022 09:16
Last Modified: 30 Aug 2022 09:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58529

Actions (login required)

View Item View Item