STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (COMPETITIVE ADVANTAGE) (STUDI KASUS PADA KLINIK ANGGREK MEDIKA SUMEDANG)

Annisa Putri Wulansari, NPM : 198020073 (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (COMPETITIVE ADVANTAGE) (STUDI KASUS PADA KLINIK ANGGREK MEDIKA SUMEDANG). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Annisa_198020073.docx

Download (368kB)

Abstract

Fasilitas kesehatan (klinik) merupakan organisasi yang unik dan kompleks. Unik karena di klinik terdapat suatu proses yang menghasilkan jasa medis dan perawatan dalam bentuk pelayanan kepada pasien yang berobat jalan. Klinik Anggrek Medika merupakan perusahaan di bidang jasa pelayanan Kesehatan yang berada di Kabupaten Sumedang yang memiliki fasilitas yang lengkap, tetapi masih terdapat beberapa kekurangan diantaranya adalah kekurangan dalam segi marketing, penilaian kinerja dan juga terdapat penurunan kunjungan pasien. Adapun penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatatif dengan menggunakan alat analisis SWOT, Analisis Porter dan BCG. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi dari Klinik Anggrek Medika ada pada posisi question mark, yang artinya harus memperluas pangsa pasar, dengan diantaranya adalah mengoptimalkan iklan atau promosi, meningkatkan kualitas produk dan pelayanan, sehingga dapat mencapai keunggulan bersaing sebagai klinik dengan fasilitas paling lengkap dan terjangkau. Kata Kunci: Analisis SWOT, BCG, Analisis Porter, Keunggulan Bersaing, Klinik

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:22
Last Modified: 29 Aug 2022 03:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58508

Actions (login required)

View Item View Item