PENYELESAIAN SENGKETA BISNIS PIRAMID MELALUI MODEL KONVERGENSI TANGGUNGJAWAB HUKUM DALAM RANGKA PEMBAHARUAN HUKUM PERJANJIAN

Tuti Rastuti, 0411046601 and Dewi Asri Yustia, 0431106901 and Utari Dewi Fatimah, 0404046301 and Ghandi Pharmacista, 0412128803 PENYELESAIAN SENGKETA BISNIS PIRAMID MELALUI MODEL KONVERGENSI TANGGUNGJAWAB HUKUM DALAM RANGKA PEMBAHARUAN HUKUM PERJANJIAN. Project Report. FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
combined. Laporan Penelitian Dikti Tahun ke-3 PTUPT 2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ketidak efektifan penyelesaian sengketa bisnis Skema Piramid berimbas pada tidak terkendalinya investasi illegal. Kondisi penyebaran Skema Piramid semakin masif, krisis ekonomi menjadi ancaman. Realita Skema Piramid mengalami perkembangan baik dari pola, jenis, bentuk, dan badan yang mewadahinya. Perlunya pengaturan Larangan Praktik Bisnis Skema Piramida untuk menjamin kepastian hukum, keadilan dan keamanan berusaha dalam rangka melindungi kepentingan nasional dari krisis ekonomi. Dari fakta hukum dan fakta sosial ditemukan bahwa, ketidak efektifan penegakan hukum, utamanya berakar dari produk perUndang-Undangan yang tidak progresif. Lebih khusus kelemahan dari KUH Perdata sebagai payung hukum (umbrella act) yang tidak dapat mengakomodir perkembangan Bisnis dan perkembangan Ekonomi Global. Penelitian ini bertujuan mengkaji pembaharuan hukum perjanjian dengan menganalisis kedudukan Buku III KUH Perdata sebagai payung hukum (umbrella act) terhadap kegiatan bisnis. Pembaharuan perlu dilakukan terhadap hukum perjanjian dengan menerapkan Model Konvergensi Tanggungjawab Hukum Produk luaran hasil penelitian berupa (1) model konvergensi tanggungjawab hukum, (2) draft naskah akademik dan RUU Larangan Praktik Bisnis Skema Piramid, dan (3) draft Naskah akademik pembaharuan Hukum Perjanjian diharapkan dapat bermanfaat guna menyelesaikan sengketa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2022
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:10
Last Modified: 25 Aug 2022 06:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58495

Actions (login required)

View Item View Item