ANALISIS PROSES REKRUTMEN DAN SELEKSI CALON ANGGOTA LEGISLATIF UNTUK MENDAPATKAN WAKIL RAKYAT YANG KOMPETEN DI JAWA BARAT (STUDI PADA CALON DAN ANGGOTA LEGISLATIF DPRD PROVINSI DARI PARTAI NASDEM)

DEDE AULA, NPM : 218020076 (2022) ANALISIS PROSES REKRUTMEN DAN SELEKSI CALON ANGGOTA LEGISLATIF UNTUK MENDAPATKAN WAKIL RAKYAT YANG KOMPETEN DI JAWA BARAT (STUDI PADA CALON DAN ANGGOTA LEGISLATIF DPRD PROVINSI DARI PARTAI NASDEM). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Dede Aula.docx

Download (115kB)

Abstract

Rekrutmen adalah salah satu fungsi operasional manajemen sumber daya manusia untuk mendapatkan calon tenaga kerja yang memenuhi klasifikasi jabatan/pekerjaan tertentu dalam organisasi atau perusahaan dimana prosesnya dilanjutkan dengan seleksi yaitu serangkaian langkah kegiatan yang digunakan untuk memutuskan apakah pelamar diterima atau ditolak. Sedangkan proses rekrutmen dan seleksi calon anggota legislatif bertujuan untuk mendapatkan wakil rakyat yang juga termasuk sumber daya manusia untuk menjabat, bekerja dan mengabdi kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis dan membuat usulan tentang proses rekrutmen dan seleksi calon anggota legislatif DPRD Provinsi Jawa Barat untuk mendapatkan wakil rakyat yang kompeten serta menginventarisir faktor-faktor penghambatnya di DPW Partai Nasdem Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan keadaan atau kondisi objek yang alamiah dan tidak menggunakan uji statistik yaitu apa yang dinyatakan oleh informan secara tertulis atau lisan yang nyata diteliti dan dipelajari sebagai sesuatu yang utuh. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses rekrutmen dan seleksi calon anggota legislatif DPRD Provinsi Jawa Barat yang dilakukan oleh DPW Partai Nasdem Provinsi Jawa Barat sudah dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan namun dalam pelaksanaan teknisnya belum optimal, kemudian kompetensi wakil rakyat secara subjektif masih dinilai belum optimal dan belum adanya uji kompetensi bagi wakil rakyat sehingga belum bisa dinilai secara objektif dan ditemukannya beberapa faktor penghambat dalam proses rekrutmen dan seleksi di DPW Partai Nasdem Provinsi Jawa Barat untuk mendapatkan wakil rakyat yang kompeten. Kata kunci : Rekrutmen, Seleksi, Kompetensi Wakil Rakyat

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:05
Last Modified: 15 Aug 2022 02:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58401

Actions (login required)

View Item View Item