Implementasi Kebijakan Program Sertifikasi Guru

Rifqi Khairul Arifin, rifqyarifin88@gmail.com (2022) Implementasi Kebijakan Program Sertifikasi Guru. POLITICON : Jurnal Ilmu Politik, 1 (2). pp. 205-216. ISSN 2685-6670

[img]
Preview
Text
Jurnal (Rifqi) 2019 (ok).pdf

Download (315kB) | Preview
Official URL: http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/politicon

Abstract

Genderang kebijakan sertifikasi sudah dimulai sejak tahun 2006 dimaksudkan untuk meningkatkan sistem pendidikan nasional dimana Indonesia pada tahun 2015 menurut laporan pisa indonesia berapa peringkat 62 dari 72 negara, dengan adanya kebijakan ini diharapkan tingkat pendidikan menjadi semakin baik yaitu dengan dimulainya dari peningkatan kompetensi guru. teori yang digunakan Shabbir Cheema dan Dennis A. Rondinelli yaitu melihat Kondisi Lingkungan, Hubungan Antar Organisasi, Sumber Daya Organisasi, Karakteristik dan Kemampuan Agen Pelaksana. Metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan pendekatan kualitatif memiliki prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa lisan atau kalimat tertulis bukan angka dan sifatnya kontekstual. Di Kabupaten Majalengka program sertifikasi masih berjalan dengan baik hanya saja masih ditemukan beberapa kesalahan teknis yaitu kurang siapnya operator dan kurang mengetahuinya guru akan persyaratan pencairan sertifikasi. menggunakan metode kualitatif dengan Studi kasus terhadap 2 Sekolah Dasar di Kabupaten Majalengka yang menghasilkan bahwa program sertifikasi sudah berjalan dengan baik hanya saja masih kurang pada indikator struktur birokrasi dan komunikasi. Kata Kunci : Sertifikasi, Kebijakan, Kabupaten Majalengka.

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2019
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:03
Last Modified: 12 Aug 2022 03:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58369

Actions (login required)

View Item View Item