PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI TERHADAP KOMITMEN KERJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PERAWAT RUMAH SAKIT VERTIKAL (KHUSUS) DI JAWA BARAT

Fitria Sari, NPM : 189010003 (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI TERHADAP KOMITMEN KERJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA PERAWAT RUMAH SAKIT VERTIKAL (KHUSUS) DI JAWA BARAT. Disertasi(S3) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel. Fitria Sari (09.08.22).doc

Download (828kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya perawat pada Rumah Sakit Unit Pelayanan Teknis (UPT) Vertikal Khusus di Jawa Barat. Peningkatan kualitas sumber daya manusia pada RS UPT Vertikal Khusus di Jawa Barat diharapkan dapat mewujudkan pemenuhan jasa pelayanan yang bermutu agar dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat dan sekaligus menjadi benchmarking pengelolaan Rumah Sakit yang baik dan menjadi center of excellence di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa dalam segala hal, RS UPT Vertikal harus menjadi yang terbaik dan menjadi contih bagi RS lainnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti-bukti empirik dan menemukan kejelasan fenomena serta kesimpulan tentang pengaruh lingkungan kerja, budaya organisasi, kompetensi terhadap komitmen serta implikasinya terhadap kinerja perawat di Rumah Sakit UPT Vertikal (Khusus) di Jawa Barat. Populasi penelitian ini adalah seluruh Perawat di RS Vertikal Khusus di Jawa Barat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Pengumpuan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik sampling menggunakan metode Cluster Stratified Proportional Random Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan terdapat bahwa terdapat pengaruh secara simultan dari lingkungan kerja, budaya organisasi, kompetensi terhadap komitmen sebesar 77,04%. Ketiga variable yaitu: lingkungan kerja, budaya organisasi, kompetensi merupakan variable dominan yang membentuk komitmen. Pengaruh komitmen terhadap kinerja perawat adalah sebesar 82,86% Disertasi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu ekonomi manajemen khususnya: lingkungan kerja, budaya organisasi, kompetensi, komitmen dan kinerja, manajemen sumber daya manusia dan ilmu ekonomi manajemen pada umumnya. Kata Kunci : lingkungan kerja, budaya organisasi, kompetensi, komitmen, kinerja, perawat.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:58
Last Modified: 09 Aug 2022 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58326

Actions (login required)

View Item View Item