PELATIHAN APLIKASI PEMBELAJARAN QUIZIZZ DI SEKOLAH DASAR KOTA BANDUNG

Fazriyah, Nurul (2020) PELATIHAN APLIKASI PEMBELAJARAN QUIZIZZ DI SEKOLAH DASAR KOTA BANDUNG. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 8 (2). ISSN 1693-699X

[img]
Preview
Text
J11.PELATIHAN QUIZIZZ_NURUL21072022.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/ethos/inde...

Abstract

Peran guru dalam usaha peningkatan kualitas pembelajaran sangat esensial, hal ini seiring sejalan dengan perubahan tuntutan jaman yang terus berkembang maka guru juga hendaknya mengikuti tuntutan yang ada. Teknologi dalam pembelajaran saat ini mengalami perkembangan pesat. Guru juga mulai memodifikasi pembelajaran dengan melibatkan teknologi dalam pembelajaran. Kota Bandung merupakan kota yang sangat dinamis terhadap perubahan. Menyongsong Bandung Smart City yang dicanangkan oleh pemerintah Kota Bandung, maka institusi pemerintah salah satunya adalah sekolah negeri menyesuaikan hal tersebut. Walaupun memiliki potensi yang luar biasa maka perlu sokongan untuk memaksimalkan potensi inovasi pembelajaran yang bisa dilakukan. Peningkatan kompetensi pedagogik salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran, penggunaan media saat ini yang dapat dimanfaatkan siswa melalui aplikasi pembelajaran yang terdapat pada gawai yang dimiliki siswa. Melalui pelatihan aplikasi pembelajaran Quizizz bagi guru dapat meningkatkan literasi digital bagi siswa yang sangat perlu dikembangkan saat ini. Metode pelaksanaan melalui pelatihan dan pendampingan 25 guru SD yang dilakukan di SDN 164 Karangpawulang Kota Bandung. Berdasarkan pendampingan yang telah dilakukan, diperoleh hasil berupa peningkatan pengetahuan 75% dari peserta pelatihan. Pelatihan aplikasi pembelajaran ini sangat bermanfaat dilakukan bagi guru yang berdampak kepada siswa di kelas. Kata Kunci: quizizz, mobile learning, digital literasi

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Mrs Nikita Nabila
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:31
Last Modified: 29 Jul 2022 08:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58209

Actions (login required)

View Item View Item