Nurfaidah, Siti Sholiha and Praja, Azis Lukman and Nurhadi, Moh (2021) ANALISIS SAINS SEBAGAI CARA BERPIKIR PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS V SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7 (2). ISSN 2477-5673
|
Text
Peer Review J. NAS. 2021 DIDAKTIK Siti Sholiha Nurfaidah.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Literasi sains sangat penting untuk dikuasai oleh setiap individu untuk dapat beradaptasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa mendatang. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi sains melalui analisis buku teks pelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan mengumpulkan data berupa studi dokumentasi. Sampel pada penelitian ini adalah beberapa halaman buku yang dianalisis yang diambil dengan cara acak menggunakan teknik multistage sampling. Hasil menunujukkan 21% buku menyajikan aspek sains sebagai cara berpikir. Adapun aspek ini disajikan pada seluruh tema buku tersebut dengan nilai yang beragam. Pada tema 1 dan 2 aspek ini sering disajiakan yaitu sebesar 71%, dan 51%. Temuan berikut menunjukkan bahwa Buku Y cukup menyajikan aspek sains sebagai cara berpikir. Dengan kata lain Buku Y ini cukup menekankan materi yang menunjang pada penguasaan proses. Kata kunci: literasi sains; cara berpikir; analisis buku teks pelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Jul 2022 07:00 |
Last Modified: | 29 Jul 2022 07:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58189 |
Actions (login required)
View Item |