STUDI KOMPARATIF TENTANG TATA KELOLA IMPLEMENTASI KURIKULUM NASIONAL 2013 DAN KURIKULUM INTERNATIONAL BACCALAUREATE (Kajian pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD Nurul AUlia dan Bandung Independent Scool)

Fika Tresnawati, NPM : 158020102 (2022) STUDI KOMPARATIF TENTANG TATA KELOLA IMPLEMENTASI KURIKULUM NASIONAL 2013 DAN KURIKULUM INTERNATIONAL BACCALAUREATE (Kajian pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SD Nurul AUlia dan Bandung Independent Scool). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img]
Preview
Text
JURNAL Maharastri - 188020081.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada perbedaan dan persamaan terhadap kurikulum 2013 dan kurikulum IB. Dilihat dari komponen-komponen kurikulum, yaitu: komponen tujuan, komponen isi, komponen metode dan komponen evaluasi, kedua kurikulum ini memiliki persamaan yang mengacu pada satu tujuan yaitu menjadikan peserta didik menjadi seorang lifelong learner (pembelajar seumur hidup). Oleh karena itu, sekolah diwajibkan untuk memperhatikan secara khusus kurikulum yang akan digunakan baik itu, sekolah Negri, Swasta maupun Internasional yang sekarang ini sedang banyak berkembang di Indonesia. Terdapat banyaknya opini masyarakat bahwa kurikulum Internasional lebih baik dibandingkan dengan kurikulum Nasional, sehingga banyak pula orang tua yang berpenghasilan lebih untuk tidak segan-segan menyekolahkan anaknya di sekolah Internasional atau swasta yang memiliki label Internasional walaupun harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Hal ini disebabkan karena orang tua tidak ingin membebani anaknya dengan segala ujian dan hafalan yang diterapkan oleh kurikulum Nasional sementara pada kurikulum Internasional terutama pada tingkat SD tidak ditekankan pada soal-soal ujian ataupun hafalan melainkan lebih kepada pemahaman yang mendalam terhadap fenomena dan pelajaran yang siswa ingin ketahui. Berdasarkan hal inilah peneliti ingin mengetahui perbedaan dan persamaan dari kurikulum Nasional dan kurikulum IB. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan dan persamaan kurikulum 2013 dan kurikulum IB. Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif mengenai perbandingan kurikulum IB dan kurikulum 2013 cukup ekstrim dimana kurikulum Nasional lebih menekankan pada “content based curriculum’ sementara kurikulum IB merupakan “character based curriculum”. Kata kunci: kurikulum 2103, kurikulum IB, pebedaan dan persamaan kurikulum IB dan kurikulum Nasional, kelebihan dan kekurangan kurikulum IB dan kurikulum Nasional

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:06
Last Modified: 26 Jul 2022 04:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58000

Actions (login required)

View Item View Item