PENGARUH EFIKASI DIRI DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V DI SDN KECAMATAN LENGKONG KOTA BANDUNG

Inggriyani, Feby and Fazriyah, Nurul (2022) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V DI SDN KECAMATAN LENGKONG KOTA BANDUNG. PENGARUH EFIKASI DIRI DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V DI SDN KECAMATAN LENGKONG KOTA BANDUNG.

[img]
Preview
Text
LAPORAN JADI PDP OKTOBER 2017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data secara empirik tentang pengaruh efikasi diri dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Tujuan secara khusus adalah untuk mengetahui informasi iiinstrum tentang pengaruh langsung maupun tidak langsung iiinstrume-variabel berikut : 1) Pengaruh langsung efikasi diri terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung, 2) Pengaruh langsung berpikir kritis terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung, 3) Pengaruh langsung efikasi diri terhadap berpikir kritis siswa kelas V di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Metode yang digunakan adalah survey dengan teknik analisis jalur (path analysis). Di dalam penelitian terdapat tiga variabel penelitian yaitu efiaksi diri (X 1 ), berpikir kritis (X 2 ) dan kemampuan menulis narasi (X 3 ). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kecamatan Lengkong. Sampel penelitian di SDN Pelita dan SDN Karangpawulang dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen berbentuk angket mengenai efikasi diri menggunakan skala likert, instrumen berpikir kritis dengan tes essay dan data kemampuan menulis narasi dilakukan dengan tes essay. Pelaksanan penelitian dimulai setelah uji coba alat ukur yang digunakan untuk menguji kelayakan instrumen penelitian yaitu angket efikasi diri dan berpikir kritis agar diketahui tingkat validitas dan reliabilitas instrumen. Selanjutnya pengambilan data lapangan dan analisis data. Hipotesis penelitian (1)Terdapat pengaruh langsung antara kemampuan efikasi diri terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung, (2) Terdapat pengaruh langsung antara berpikir kritis terhadap kemampuan menulis narasi siswa di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung dan (3) Terdapat pengaruh langsung antara efikasi diri terhadap berpikir kritis siswa kelas V di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung, (4) Terdapat pengaruh langsung efikasi dan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V di SDN Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Kata kunci : berpikir kritis, efikasi diri, menulis narasi

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 24 Jul 2022 08:40
Last Modified: 24 Jul 2022 08:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57994

Actions (login required)

View Item View Item