STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMA PASUNDAN 1 CIANJUR)

Lilis Holisoh, NPM. 188020091 (2022) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMA PASUNDAN 1 CIANJUR). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Lilis Holisoh_MM copy.docx

Download (87kB)

Abstract

Dalam lima tahun terakhir jumlah peserta didik di SMA Pasundan 1 Cianjur mengalami penurunan yang cukup tinggi, sehingga menarik untuk dikaji dan ditemukan penyebabnya. Tujuan penelitian adalah (1) Mengetahui pelaksanaan strategi pemasaran di SMA Pasundan 1 Cianjur. (2) Mengetahui kinerja yang dicapai dalam pelaksanaanya. (3) Mengetahui hambatan dalam pelaksanaan strategi pemasaran di SMA Pasundan 1 Cianjur. (4) Mengetahui strategi pemasaran jasa pendidikan dalam upaya meningkatkan jumlah peserta didik. (5) Mengetahui program pemasaran jasa pendidikan dalam upaya meningkatkan jumlah peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan subyek penelitian adalah kepala sekolah. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Pelaksanaan strategi pemasaran dimulai dari pelaksanaan strategi Pasar yaitu: Segmentasi Pasar, Target Pasar, dan Posisi Pasar. dan pelaksanaan Strategi bauran pemasaran (product,price,people,process, physical evidence, promotion, place) memiliki kekuatan yang tinggi terhadap peningkatan jumlah peserta didik. (2) Kinerja yang dicapai dalam pelaksanaan strategi pemasaran di SMA Pasundan 1 Cianjur menunjukkan bahwa jumlah peserta didik mengalami penurunan yang cukup tinggi. (3) Hambatan dalam pelaksanaan strategi pemasaran adalah: Pendanaan, Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana Fisik dan Proses serta promosi. (4) Strategi pemasaran terbagi kedalam Strategi Pasar yang didalamnya ada segmentasi Pasar, Target Pasar, Posisi pasar, dan Strategi bauran pemasaran yang didalamnya ada rancangan 7 P (Product, Price, Promotion, Place, People, Process, Physical evidence). (5) Program pemasaran jasa pendidikan dalam upaya meningkatkan jumlah peserta didik dilakukan dengan meningkatkan kualitas bauran pemasaran dalam berbagai elemen sesuai hasil penelitian. Kata Kunci: Strategi pemasaran dan kinerja pemasaran

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Jul 2022 01:41
Last Modified: 23 Jul 2022 01:41
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57988

Actions (login required)

View Item View Item