Cartono, Cartono and Fazriyah, Nurul and Maulana A, Rolly (2022) PKM PEMBINAAN DAN PENDAMPINGAN PROGRAM SEIRAMA (SEKOLAH DIGITAL RAMAH ANAK) DI SEKOLAH DASAR KOTA BANDUNG PROVINSI JAWA BARAT. LAPORAN AKHIR PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT TAHUN ANGGARAN 2019.
|
Text
LAPORAN AKHIR CARTONO FINAL dikompresi.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Program Kemitraan Masyarakat SEIRAMA (Sekolah Digital Ramah Anak) ini bertujuan untuk mengadakan pembinaan perwujudan sekolah digital yang ramah anak, dapat diakses guru, murid dan orang tua di Kota Bandung Jawa Barat yaitu di Kecamatan Lengkong tepatnya di SDN 164 Karangpamulang. Maksud pembinaan ini merupakan salah satu perwujudan visi kota Bandung sebagai smart city yang savage teknologi pada sekolah umum yaitu sekolah negeri. Harapannya ke depan program SEIRAMA ini merupakan program sekolah yang dapat dijadikan contoh dalam menerapkan konsep sekolah digital pada sekolah umum dengan internet yang ramah anak. Sehingga orang tua tidak khawatir terhadap dampak negatifnya, namun merasakan manfaatnya sebagai alat pendukung belajar. Target khusus yang diharapkan dari kegiatan ini adalah peningkatan keterampilan guru SD dalam mengembangkan pembelajaran menggunakan android dan internet, pengoptimalan sekolah sebagai wahana mengembangkan salah satu literasi yaitu literasi digital dan mendukung program kota Bandung yaitu Bandung Smart City. Metode pelaksanaan kegiatan yaitu dengan pada tahap persiapan melalui survei ke sekolah mitra untuk mengetahui masalah yang dihadapi para guru tentang penggunaan android untuk pendidikan terutama si sekolah dasar, tahap koordinasi dengan mitra dan kepala sekolah di wilayah kerja mitra, perwakilan guru untuk memilih aspek permasalahan yang prioritas untuk mendapat pemecahannya terkait dengan masalah sekolah dalam memberikan akses informasi baik berupa hasil belajar, proses pembelajaran, serta kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran berbasis M-Learning, serta wawancara kepada murid di SDN 164 Karangpawulang untuk mengkonfirmasi apa-apa yang telah dilakukan guru dalam mengeksplorasi pembelajaran, tahap pelaksanaan dengan cara melakukan pelatihan guru berkaitan bagaimana merencanakan pembelajaran yang terintegrasi dengan website, android dan komputer berbasis M-learning dan melatih operator sekolah untuk mengembangkan website sekolah dengan sasaran guru, siswa, orang tua dan operator sekolah . Bentuk partisipasi mitra yang disepakati dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah mengkoordinir guru-guru mitra, operator sekolah, mempersiapkan tempat serta memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama kegiatan sosialisasi, workshop/pelatihan berlangsung. Pada tahap evaluasi, dilakukan dengan post test mengenai kegiatan pelatihan tersebut. Kata kunci: Sekolah Digital, Sekolah Ramah Anak, Literasi Digital, m-learning
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | DOCUMENT |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022 |
Depositing User: | Mrs Nikita Nabila |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 03:41 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 03:41 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57981 |
Actions (login required)
View Item |