KOMUNIKASI PUBLIK PUSAT INFORMASI DAN KOORDINASI COVID-19 JAWA BARAT DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Media Sosial Instagram PIKOBAR Di Masyarakat Wilayah Bandung Raya)

Aulia Nur Hasanah, NPM. 198080018 (2022) KOMUNIKASI PUBLIK PUSAT INFORMASI DAN KOORDINASI COVID-19 JAWA BARAT DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Media Sosial Instagram PIKOBAR Di Masyarakat Wilayah Bandung Raya). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL - KOMUNIKASI PUBLIK PUSAT INFORMASI DAN KOORDINASI COVID (Autosaved) copy.docx

Download (761kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menjadi pandemic global sehingga berdampak pada perubahan kehidupan masyarakat. Upaya pemerintah pusat dalam menekan peningkatan kasus covid-19 dengan memberikan berbagai kebijakan seperti taat pada protokol kesehatan, 3M hingga 6M, penerapan PSBB hingga PPKM, dan berbagai kebijakan lainnya. Upaya Pemerintah daerah Provinsi Jawa Barat salah satunya dengan cara memberikan informasi mengenai covid-19 pada masyarakat Jawa Barat melalui media sosial. Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat (PIKOBAR) adalah program unggulan dari Jabar Digital Service (JDS) yang bernaung dibawah Dinas Komunikasi dan Informasi Jawa Barat. PIKOBAR adalah website resmi yang memiliki beberapa cabang media sosial seperti facebook, twitter dan Instagram. PIKOBAR diharapkan mampu menjadi center dalam wadah komunikasi publik mengenai Covid-19 melalui media social. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi publik yang digunakan PIKOBAR melalui media sosial Instagram kepada masyarakat Wilayah Bandung Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teori yang digunakan sebagai pedoman penelitian ini menggunakan Medium Richness Theory (MRT). Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik wawancara mendalam (indepth interview), observasi, studi litelatur, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media sosial instagram PIKOBAR sudah memberikan informasi yang baik, lengkap, terpercaya, dan ter-up todate. Namun dengan media yang berbasis digital, membuat informasi tidak tersebar dengan merata ke berbagai lapisan masyarakat. Tetapi Tim JDS yang sudah menyiapkan program lain untuk mendukung informasi Covid-19 bisa tersampaikan ke seluruh lapisan masyarakat. PIKOBAR juga sudah memenuhi kebutuhan informasi khususnya wilayah Bandung Raya dari segi penggunaan bahasa yang umum dan personaliti pesan. Penelitian ini selesai dibuktikan dengan hasil review dari user instagram PIKOBAR dari wilayah Bandung Raya. Kata kunci: Komunikasi publik, instagram PIKOBAR, vaksinasi dan isoman.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 07 Jul 2022 09:07
Last Modified: 07 Jul 2022 09:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57912

Actions (login required)

View Item View Item