ANALISIS WACANA BERITA PEMKOT BANDUNG OPERASIKAN KEMBALI BIOSKOP PADA MEDIA ONLINE PIKIRANRAKYAT.COM EDISI 09 OKTOBER 2020

Vera Hermawan, vera.hermawan@unpas.ac.id and Dhini Ardianti, dhini.ardianti@unpas.ac.id (2022) ANALISIS WACANA BERITA PEMKOT BANDUNG OPERASIKAN KEMBALI BIOSKOP PADA MEDIA ONLINE PIKIRANRAKYAT.COM EDISI 09 OKTOBER 2020. POLISTAT, 4 (1). pp. 13-26.

[img]
Preview
Text
6. PR Analisis Wacana.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Analisis Wacana.pdf

Download (388kB) | Preview
Official URL: Doi: 10.23969/paradigmapolistaat.v4i1.5127

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada dimensi teks pikiranrakyat.com memberikan penjelasan lebih lanjut tentang proses pembukaan bioskop dari berbagai tahapan yang disiapkan oleh pemerintah untuk pengusaha bioskop, serta menjelaskan peraturan yang harus diterapkan di bioskop, teks berita dilengkapi pula dengan komentar dan tanggapan dari pihak berwenang atas kebijakan pembukaan bioskop di kota Bandung untuk memperkuat informasi berita. Pada dimensi kognisi sosial, pikiranrakyat.com mengkonstruksi berita dari berbagai perspektif, mulai dari kebijakan pembukaan bioskop, pemerintah, dan dinas kesehatan Kota Bandung mengenai antisipasi lonjakan klaster baru bioskop dan pencabutan izin bioskop yang melanggar aturan perjanjian. Sedangkan pada dimensi konteks sosial, pikiranrakyat.com berperan sebagai media yang menjadi perantara atau perantara dalam memberikan informasi mengenai kebijakan yang diambil oleh pemerintah untuk membuka bioskop di masa pandemi. Kata Kunci : Analisis Wacana, Bioskop, Berita Online, Pikiranrakyat.com, Covid- 19.

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2021
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:42
Last Modified: 07 Jul 2022 04:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57898

Actions (login required)

View Item View Item