KAJIAN STILISTIKA TERHADAP GAYA BAHASA DALAM KONTEKS PUITIKA PADA ALBUM LIRIK LAGU SAMPAI JADI DEBU KARYA BANDA NEIRA SEBAGAI BAHAN AJAR STILISTIC STUDY ON LANGUAGE STYLE IN POETICAL CONTEXT ON THE SONG LYRIC ALBUM UNTIL SO DUST BY BANDA NEIRA AS TEACHING MATERIAL

Yuli Fitria Wardani, NPM : 188090028 (2022) KAJIAN STILISTIKA TERHADAP GAYA BAHASA DALAM KONTEKS PUITIKA PADA ALBUM LIRIK LAGU SAMPAI JADI DEBU KARYA BANDA NEIRA SEBAGAI BAHAN AJAR STILISTIC STUDY ON LANGUAGE STYLE IN POETICAL CONTEXT ON THE SONG LYRIC ALBUM UNTIL SO DUST BY BANDA NEIRA AS TEACHING MATERIAL. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Yuli Fitria Wardani.docx

Download (50kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada mendeskripsikan analisis kajian stilistika penggunaan gaya bahasa dalam konteks puitika pada album lirik lagu Sampai Jadi Debu karya Banda Neira dan memanfaatkannya sebagai bahan ajar berupa modul. Metode yang digunakan pada penelitian kualintatif dengan memanfaatkan kajian stilistika. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah Pustaka atau studi dikumentasi dengan obejek album lirik lagu Sampai Jadi Debu karya Banda Neira. Penelitian ini melalui beberapa tahapan yaitu, tahapan pertama, mengumpulkan objek penelitian, tahapan kedua mencari unit-unit analisis dengan menggunakan analisis stilistika penggunaan gaya bahasa. Tahapan ketiga menganalisis dengan menggunakan relevansi teori-teori tersebut yang terkait dengan konteks puitika (tatran fonologi, sintaksis dan semantik) dan teori-teori pembelajaran. Tahapan keempat, hasil proses analisis di dasarkan pada deskripsidan dianalisis secara kualintatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kajian stilistika dapat menganalisis penggunaan gaya bahasa dan dapat menyampaikan makna yang ingin disampaikan pencipta pada pendengar dengan cara mendeskripsikan isi tataran fonologi, sintaksis dan semantik pada album lirik lagu Sampai Jadi Debu. Album lirik lagu Sampai Jadi Debu memiliki makna pesan yang dalam. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar modul. Kata kunci: Stilistika, Puitika, Puisi, Lirik Lagu, Bahan ajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:32
Last Modified: 05 Jul 2022 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57882

Actions (login required)

View Item View Item