MANAJEMEN KOMUNIKASI PLKB DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Desa Sindangasiah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur)

Dwi Sri Agustina, NPM : 208080006 (2022) MANAJEMEN KOMUNIKASI PLKB DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Desa Sindangasiah, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Dwi Sri Agustina.docx

Download (62kB)

Abstract

Program KB sudah seharusnya berjalan secara berkesinambungan, meskipun pandemi Covid-19 menjadi salah satu penghambat program KB tiga tahun terakhir ini. Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) menempati posisi yang sangat penting dan merupakan garda terdepan dalam pencapaian Program KB Nasional, karena berhadapan langsung dengan masyarakat. PLKB bekerja dengan fungsi-fungsi manajemen yang pada umumnya terdiri dari fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan studi kepustakaan dengan satu informan kunci (PLKB Desa), tiga informan pendukung (PPL dan Pos KB Desa) dan satu informan ahli (Pengelola Balai KB Kecamatan). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan manajemen komunikasi PLKB di masa pandemi Covid-19 di Desa Sindangasih, Karangtengah, Cianjur terdiri dari kegiatan membuat rencana kerja, penyiapan dukungan melalui pendataan, pendekatan tokoh formal dan informal, melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan fasilitas kesehatan terdekat. 2) Pengorgansasian manajemen komunikasi PLKB di masa pandemi Covid-19 terdiri dari kegiatan rapat koordinasi tingkat kecamatan, tingkat desa, kesepakatan dengan tokoh formal dan informal dan pembinaan dari PLKB kepada pos KB Desa. 3) Pelaksanaan manajamen komunikasi PLKB di masa Pandemi Covid-19 terdiri dari kegiatan KIE (Komunikasi Edukasi Informasi) kepada masyarakat dan calon pengantin dengan protokol kesehatan, promosi melalui media sosial, dan pembentukan grup pelopor KB. 4) Evaluasi manajemen komunikasi PLKB di masa pandemi Covid-19 terdiri dari kegiatan aktivitas kegiatan PLKB di lakukan secara berkala oleh DPPKB Kabupaten dan Perwakilan BKKBN Provinsi, penilaian kinerja selama satu minggu lalu, menghitung jumlah sasaran program KB dan jumlah calon akseptor KB. Kata Kunci : Manajemen Komunikasi, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Evaluasi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 02 Jul 2022 02:37
Last Modified: 02 Jul 2022 02:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57880

Actions (login required)

View Item View Item