Peran Pendidik (Didactic, Reflective, Afective Atau Evaluative Roles) Dalam Pembelajaran IPS Abad 21

Normansyah, Asep Deni and Almujab, Saiful (2018) Peran Pendidik (Didactic, Reflective, Afective Atau Evaluative Roles) Dalam Pembelajaran IPS Abad 21. Peran Pendidik (Didactic, Reflective, Afective Atau Evaluative Roles) Dalam Pembelajaran IPS Abad 21, 1 (1).

[img]
Preview
Text
A.17.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.ph...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran peran pendidik dalam pembelaja- ran abad 21. Penelitian dilakukan dengan pendekatan noninteraktif (non- interactive inquiry) dengan metode penelitian studi kepustakaan. Berdasarkan an- alisis literatur yang telah dilakukan, didapat bahwa peran pengajar IPS memain- kan berbagai peran (roles) di dalam kelas, yaitu didactic, reflective, maupun affec- tive roles. Didactic roles merupakan peran guru di mana dalam peran didaktis didesain untuk menyampaikan informasi, peran Reflektif utamanya didesain untuk memajukan kemampuan berfikir dan pemecahan masalah, sedangkan peran afektif konsern dengan kontroversi, nilai, dan kepercayaan. Keseimbangan staf pengajar IPS dalam memainkan perannya sebagai didactic, reflective, maupun affective roles diperlukan agar tujuan Pendidikan IPS tercapai dengan baik. Staf pengajar/pendidik IPS di Indonesia dalam memainkan peran dilandasi oleh spirit ilmiah, pendidikan, dan ideologi, serta tidak lepas dari kaidah fundamental bangsa yaitu Pancasila dan UUD 1945. Kata Kunci: Peran Pendidik IPS, Pembelajaran Abad 21

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:55
Last Modified: 28 Jun 2022 06:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57853

Actions (login required)

View Item View Item