Analisis Perbandingan Metode Problem Based Learning Dan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif

Yogaswara, S Marten and Novendra, Afief Maula and Almujab, Saiful and Ramafrizal, Yudho (2019) Analisis Perbandingan Metode Problem Based Learning Dan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Analisis Perbandingan Metode Problem Based Learning Dan Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif, 5 (2). ISSN 2477-5673

[img]
Preview
Text
A.6.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didakti...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning dengan kelas yang menggunakan metode pembelajaran Problem Solving. Dalam penelitian ini digunakan metode quasi-experimental design (eksperimen semu) yaitu jenis eksperimen yang menggunakan seluruh subjek yang utuh (intact group) untuk diberi perlakuan (treatment). Bentuk quasi eksperimental design (eksperimen semu) yang digunakan dalam penelitian ini adalah Counterbalanced design. Dalam Counterbalanced Design ini menggunakan dua kelas dimana semua kelas merupakan kelas eksperimen. Perbedannya adalah terletak pada sub bahasan atau kompetensi dasar yang dilakukan disetiap kelas dengan berbeda treatment. Desain penelitian Counter balanced Design tidak menggunakan pre test tapi didalam desain ini siswa hanya diberi posttest saja sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem based learning lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan dengan metode belajar problem solving dan project based learning.

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:34
Last Modified: 28 Jun 2022 04:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57840

Actions (login required)

View Item View Item