ALAM, RIDWAN NUR, 175060144 (2022) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian kepustakaan dengan Metode Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI RIDWAN.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (282kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis (STAD) terhadap motivasi belajar peserta didik (penelitian kepustakaan dengan metode studi literatur). ditemukan bahwa motivasi siswa kelas III dalam proses pembelajaran IPA masih kurang, dimana saat guru menjelaskan pelajaran beberapa siswa tidak memperhatikan dan sibuk berbicara dengan teman sebangkunya, siswa sibuk menggambar, mata pelajaran IPA juga menjadi salah satu pelajaran yang dirasa sulit oleh siswa, yang di dalam kompetensinya mempelajari lingkungan, sistem kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia. Setelah permasalahan ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar ada peningkatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang berasal dari lisan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Peneliti memilih pendekatan ini karena penelitian ini membutuhkan penjelasan dan pemaparan secara terperinci sehingga peneliti memilih pendekatan ini untuk menunjang kegiatan penelitian agar sesuai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena subjek yang diteliti adalah manusia yang memiliki sifat yang beragam, sehingga dengan menggunakan pendekatan kualitatif akan sesuai karena hasil penelitiannya dapat menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi di dalam penelitian ini. Penelitian ini difokuskan pada pengaruh salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu tipe STAD dalam pembelajaran di kelas, dan pada akhirnya berhasil melatih sikap kerja sama siswa dalam mencapai tujuan belajar. Kata kunci: Motivasi Belajar, IPA, model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 03:32 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 03:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57769 |
Actions (login required)
View Item |