ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT ACHIEVEMEN DIVISONS (STAD)

Hermawan, Vevi and Anggiana, Agus Dede and Septianti, Syifa (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT ACHIEVEMEN DIVISONS (STAD). Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 6 (1). pp. 71-81. ISSN 2548-2297

[img]
Preview
Text
Darta_V6N1, JUNI 2021.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Beni_V6N1, JUNI 2021.pdf

Download (140kB) | Preview
Official URL: https://journal.unpas.ac.id/index.php/symmetry/ind...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis konsep kemampuan pemahaman matematis, (2) Menganalisis konsep model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), (3) Menganalisis kemampuan pemahaman matematis melalui model pembelajaran Student Teams Achievement Divisons (STAD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustaan atau library research. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu Editing, Organizing dan Finding. Analisi data yang digunakan pada penelitian ini adalah Deduktif, Induktif, dan Histori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan pemahaman matematis merupakan kemampuan individu untuk memahami, menjelaskan, serta mengungkapkannya kembali suatu materi pelajaran, dalam pelajaran matematika individu dapat menggunakan konsep, dapat menserjemahkan ke dalam bentuk lain misalnya dari kata-kata menjadi simbol, tabel, grafik, atau bentuk lainnya serta dapat menginterpretasikan ke bentuk penjelasan ringkasan, dan mengaplikasikannya pada kasus yang sederhana atau khusus, (2) Model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) menuntut peserta didik secara aktif yang terdiri dari lima langkah, yaitu: penyajian materi, pembagian kelompok,tes individual,perhitungan skor individu, dan rekognisi kelompok , (3) Kemampuan pemahaman matematis di tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD). Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD).

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2021
Depositing User: Mrs Nikita -
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:17
Last Modified: 13 Jun 2022 07:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57739

Actions (login required)

View Item View Item