PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP INOVASI PEMASARAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEMASARAN PELAKU USAHA MIKRO METROPOLITAN BANDUNG RAYA

Yolla Margaretha, NPM : 1819010027 (2022) PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI PEMBELAJARAN TERHADAP INOVASI PEMASARAN SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEMASARAN PELAKU USAHA MIKRO METROPOLITAN BANDUNG RAYA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Yolla Margaretha_1819010027_1.docx

Download (161kB)

Abstract

UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) mempunyai peran sentral dalam menggerakkan roda perekonomian global. Saat ini, perekonomian global maupun nasional dalam kondisi yang kurang stabil. Hal ini diakibatkan oleh dampak dari pandemi COVID-19 terutama pada aspek pemasaran, sehingga kinerja pemasaran cenderung menurun. Penelitian ini bertujuan mengetahui, menganalisis, dan mengkaji Orientasi Strategi Pemasaran (Marketing Stategic Orientation) melalui Market Orientation (Orientasi Pasar), Entrepreneurial Orientation (Orientasi Kewirausahaan), dan Learning Orientation (Orientasi Pembelajaran). Penelitian ini memberi indikasi pengaruh terhadap Inovasi Pemasaran (Marketing Innovation) serta implikasi pada kinerja pemasaran (Marketing Performance) yang optimal bagi pelaku mikro bidang usaha makanan dan minuman di wilayah Metropolitan Bandung Raya. Metode Penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik sampling yang digunakan metode cluster stratified proposioal random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Statistika Multivariat dengan uji model persamaan struktural (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, orientasi pembelajaran, inovasi pemasaran, dan kinerja pemasaran berada pada kriteria cukup baik sampai dengan baik. Penelitian tersebut juga menunjukkan terdapat pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan orientasi pembelajaran terhadap inovasi pemasaran baik secara simultan maupun parsial. Inovasi pemasaran ini juga berpengaruh terhadap kinerja pemasaran para pelaku usaha mikro bidang makanan minuman di Metropolitan Bandung Raya. Kata Kunci: Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pembelajaran, Inovasi Pemasaran, Kinerja Pemasaran, Pelaku Usaha Mikro.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:18
Last Modified: 13 Jun 2022 02:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57733

Actions (login required)

View Item View Item