PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMPIT CENDEKIA PURWAKARTA

Lia Marlani, NPM : 188090018 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS VII SMPIT CENDEKIA PURWAKARTA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Lia Marlani.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis menulis pantun. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya kemampuan berpikir kreatif dalam proses pembelajaran. Pada pembelajaran di kelas peserta didik harus dibiasakan untuk berpikir kreatif agar bisa memiliki kemampuan menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model think talk write terhadap kemampuan menulis pantun dan dampaknya terhadap kemampuan berpikir kretaif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode campuran dengan quasi eksperimen design dan bentuk nonequivalent control group design. Satu kelas dipilih sebagai kelas eksperimen yaitu menggunakan model think talk write dan satu kelas control yaitu menggunakan metode diskusi. Teknik pengumpulan data ini berbentuk tes kemampuan menulis pantun dan didukung oleh observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan software SPSS version 25.0 for windows dengan alat anlisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, serta gain ternormalisasi. Hasil analisis data menyatakan bahawa dari kedua data menunjukkan bahwa dari kedua data N-Gain antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat diambil kesimpulan rata-rata yaitu untuk kelas eksperimen nilai maksimum N-Gain adalah 0,065. Kemudian untuk kelas kontrol nilai maksimum N-Gain adalah 0,342. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model think talk write berpengaruh terhadap kemampuan menulis pantun. Model think talk write direkomendasikan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun peserta didik. Kata kunci: Model think talk write, kemampuan menulis pantun, berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 07 Jun 2022 07:11
Last Modified: 07 Jun 2022 07:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57709

Actions (login required)

View Item View Item