IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PAUD (Studi kasus di PAUD Rumah Bermain PADI Kota Bandung)

Daru Probo Retno, NPM : 198020047 (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PAUD (Studi kasus di PAUD Rumah Bermain PADI Kota Bandung). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Daru Probo Retno.docx

Download (508kB)

Abstract

Hakikat belajar adalah berlangsung sepanjang hayat. Untuk menciptakan generasi yang berkualitas, pendidikan harus dilakukan sedini mungkin melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Perhatian pemerintah yang begitu besar terhadap Pendidikan Anak Usia Dini dapat dimengerti karena pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan kunci keberhasilan pembangunan SDM sepanjang hayat. Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD di Indonesia masih relatif rendah apabila dibandingkan dengan negara lain namun jumlah PAUD di Indonesia mengalami peningkatan setiap tahunnya. Permasalahan yang muncul adalah bahwa peningkatan jumlah PAUD yang ada belum diimbangi dengan peningkatan mutu PAUD yang mengacu pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Diperlukan sebuah kurikulum yang disusun sebagai pedoman PAUD agar pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan lembaga PAUD yang bersesuaian dengan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini berdasarkan sifatnya merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menganalisis implementasi manajemen kurikulum di PAUD Rumah Bermain Padi Kota Bandung dalam upaya meningkatkan mutu sekolah. Terdapat tiga fokus masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini, yakni perumusan kurikulum, implementasi kurikulum dan strategi implementasi kurikulum di masa pandemi Covid-19. Perumusan kurikulum di PAUD Rumah Bermain Padi diawali dengan pembentukan Tim Pengembang Kurikulum Sekolah (TPKS) sebagai personil yang bertugas merumuskan kerangka dasar kurikulum, menyusun struktur kurikulum dan standar kompetensi, menentukan beban belajar, menyusun kalender pendidikan dan mengembangkan silabus. Srategi implementasi kurikulum di PAUD Rumah Bermain Padi pada masa pandemi Covid-19 ini adalah dengan melakukan pembagian jam belajar, rombongan belajar dan bahan ajar guna dapat menyelenggrakan pembelajaran secara optimal dengan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan. Dalam upaya peningkatan mutu sekolah, kepala sekolah diharapkan mampu mengedepankan visi yang berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan, membangun kerjasama tim yang efektif dengan memberdayakan semua unsur (stakeholders) pendidikan sesuai dengan kapasitas dan kompetensi masing-masing. Kata Kunci : Manajemen Kurikulum, Peningkatan Mutu, Pendidikan Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 04 Jun 2022 02:22
Last Modified: 04 Jun 2022 02:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57698

Actions (login required)

View Item View Item