ANALISIS BENTUK DAN STRUKTUR LAGU BUNGONG JEUMPA YANG DIARANSEMEN OLEH USIS MUHAMMAD AHMAD. Yussa Ramadan Akbar:166040013

Yussa Ramadan Akbar, R. Yeni Dewi Cahyani. S.S.,M.Pd (2022) ANALISIS BENTUK DAN STRUKTUR LAGU BUNGONG JEUMPA YANG DIARANSEMEN OLEH USIS MUHAMMAD AHMAD. Yussa Ramadan Akbar:166040013. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img] Text
Skripsi Yussa Ramadan A revisi Fix Final-ditandatangani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Bentuk Dan Struktur Lagu Bungong Jeumpa Yang Diaransemen Oleh Usis Muhammad Ahmad. Teori analisis musik yang digunakan adalah teori dari Karl-Edmund Prier SJ, teori pengertian bentuk dan struktur lagu yang digunakan adalah teori dari Jamalus dan Karl-Edmund Prier SJ, teori pengertian musik yang digunakan adalah teori dari Pono Banoe, teori unsur-unsur musik yang digunakan adalah teori dari Jamalus. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dalam penelitian ini. Data-data yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan arrangernya. Hasil penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa lagu Bungong Jeumpa ini memiliki 3 tema atau bentuk lagu 3 bagian yaitu A, B, A’, C, A’ dan B’ dan terdapat 19 motif, 12 frase yang masing-masing 6 frase tanya dan 6 frase jawab. Tema A terdapat pada birama ke-21 sampai birama ke-28, tema B terdapat pada birama ke-29 sampai birama ke-36, tema A’ terdapat pada birama ke- 37 sampai birama ke-44, tema C terdapat perubahan pada tempo menjadi 118 bpm, terdapat pada birama ke-47 sampai birama ke-54, tema A’ terdapat perubahan lagi pada tanda birama menjadi 6/8 dengan tempo yang sama yaitu 118 bpm yang terdapat pada birama ke-57 sampai birama ke-64, dan tema B’ terdapat pada birama ke-68 sampai birama ke-78 dan juga terdapat perubahan pada tempo menjadi 160 bpm dan perubahan tanda birama menjadi 4/4 serta pengulangan yang sama dari tema B sebelumnya, hanya saja terdapat variasi perubahan tempo dan penggunaan teknik staccato pada akhir birama, yaitu birama ke-76 sampai birama ke-78 dan akhir akor menggunakan akor Dm7. Lagu Bungong Jeumpa ini menggunakan tanda nada D minor, atau bisa disebut relative minor dari F Mayor. Dengan menggunakan tempo 160 bpm, dan menggunakan tanda birama 4/4, lagu Bungong Jeumpa dinyanyikan oleh vokal grup dengan konsep SSAT (sopran 1, sopran 2, alto dan tenor). Kata kunci: Analisis Bentuk Musik, Paduan Suara

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2022
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:09
Last Modified: 02 Jun 2022 04:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57680

Actions (login required)

View Item View Item